Sabtu 02 Jul 2016 10:29 WIB

ICMI: Cendekiawan Muslim Harus Berpartisipasi Memajukan Bangsa

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).
Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan cendekiawan Muslim harus mengabdikan keahlian dan kecendekiawanannya dimasing-masing bidang untuk kemajuan bangsa dan negara. Apalagi, kini lapisan kaum terdidik ini sudah sangat banyak jumlahnya.

"Pendidikan masal yang dilakukan pemerintah Indonesia sejak 1945 sampai sekarang sudah banyak menghasilkan lapisan kaum terdidik yang banyak sekali," ungkap Jimly saat menghadiri acara silaturahmi dan berbuka puasa bersama jajaran redaksi Republika, Jumat (1/7).

Menurut Jimly, kebijakan pemerintah maupun peluang pendidikan yang terbuka dizaman sekarang menyebabkan lapisan kaum cendekiawan menempati posisi yang yang sangat penting disemua bidang khususnya kalangan cendekiawan Muslim.

Kendati demikian, untuk kemajuan bangsa, Jimly menambahkan, tidak hanya terpaku kepada cendekiawan Muslim. Cendekiwan dari berbagai lapis diharapkan dapat menyumbang secara efektif untuk kemajuan bangsa.

Seperti halnya ICMI sebagai salah satu organisasi cendekiawan berlabel Islam yang tidak hanya berkontribusi untuk kaum Muslim saja tetapi masyarakat Indonesia secara umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement