Selasa 24 May 2016 14:34 WIB

10 Ribu Kokam Pemuda Muhammadiyah Siap Hadiri Apel Akbar

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Damanhuri Zuhri
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah akan menyelenggarakan Apel Akbar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) di alun-alun Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jum'at (27/5).

"Apel Akbar Kokam akan diikuti 10 ribu pasukan Kokam Pemuda Muhammadiyah. Kegiatan Apel akbar Kokam Pemuda Muhammadiyah dilaksanakan dalam rangka refleksi hari lahir Pemuda Muhammadiyah yang ke-84," kata Dahnil Anzar, Selasa, (24/5).

Apel akbar akan diisi atraksi seni bela diri dan kemampuan aksi cepat tanggap bencana personel Kokam. Apel akbar di Klaten juga akan diisi pidato kebangsaan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir,  dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

"Insya Allah apel akbar ini juga akan dihadiri TNI dan Polri. Apel akbar ini merupakan simbolisasi refleksi terhadap fungsi dan peran strategis Kokam Pemuda Muhammadiyah sebagai penjaga kehormatan umat Islam dan Muhammadiyah," ujar Dahnil menjelaskan.

Selain itu juga upaya merawat sikap hubbul wathan minal iman atau cinta negara yang menjadi genetika dakwah Pemuda Muhammadiyah seperti yang dicontohkan para pendahulu Pemuda muhammadiyah yakni Jenderal Besar Soedirman yang juga mantan Ketua Cabang Pemuda Muhammadiyah Cilacap.

"Kokam merasa punya tanggungjawab sejarah merawat Pancasila dan melawan potensi-potensi perusak Pancasila. Namun dengan cara yang baik dan persuasif mengedepankan nilai-nilai Islam yang telah banyak diadabtasi Pancasila," kata Dahnil menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement