Rabu 17 Oct 2012 15:47 WIB

Menyemai Semangat Dakwah di Papua (1)

Rep: Fitria Andayani/ Red: Chairul Akhmad
Ustadz Fadzlan Garamatan.
Foto: Republika/Agung Supri
Ustadz Fadzlan Garamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Berdakwah di Papua bukanlah hal mudah. Butuh kemauan kuat untuk melakukannya. Tidak mengharapkan balasan materi atau mengeluhkan kendala geografis.

Hanya mereka yang benar-benar memiliki tujuan mulia yang akan melepas segala asa keduniawiannya dan memilih untuk menyiarkan Islam hingga ke pelosok negeri.

Hanya segelintir orang yang mampu melakukannya. Salah satu dari segelintir orang itu adalah ulama asal Papua, Ustadz Fadzlan Garamatan.

Bersama organisasi yang didirikannya, Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN), ia berusaha menjembatani Papua dan dunia luar, khususnya Jakarta.

Hal ini tak lain agar mereka bisa mendapat dukungan yang besar dari umat Islam, baik berupa partisipasi dalam berdakwah maupun dukungan berupa dana dan bantuan kemanusiaan lainnya.

Sekadar contoh, belum lama ini AFKN menyalurkan bantuan dakwah ke desa-desa di pedalaman Papua. Bantuan diangkut dari gudang AFKN di Bekasi dengan delapan truk.

Isinya 250 karung pakaian layak pakai, 500 kardus Alquran, buku Iqra, buku-buku lain dan majalah, 150 kardus perlengkapan mandi, obat-obatan, 15 mesin jahit, dua buah genset, tiga buah water torn, 25 gulung karpet masjid, serta 15 buah kubah masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement