Ahad 12 Feb 2017 21:44 WIB

Sejarah Perkembangan Islam di Amerika Serikat

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Muslim Amerika
Muslim Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Gelombang kedua terjadi pascaperang dunia I, yakni sekitar tahun 1918 hingga 1922. Kemudian, gelombang ketiga pada tahun 1930 hingga 1938. Gelombang ketiga ini terkondisikan karena kebijakan imigrasi AS memberikan prioritas kepada mereka yang memiliki anggota keluarga menetap AS.

Kemudian, gelombang keempat terjadi pada 1947 hingga 1960. Dan gelombang terakhir terjadi pada 1967 hingga saat ini.

Sebelum membahas perihal gelombang imigran yang memengaruhi berkembangnya Islam di Amerika, Dr Hannas mengingatkan, sejak tahun 1520 telah cukup banyak budak-budak dari Afrika yang didatangkan ke Amerika Utara. Jumlahnya diperkirakan sekitar 500 ribu jiwa. Setengah dari total jumlah budak tersebut diambil dari daerah-daerah Afrika yang telah tersisip atau dipengaruhi ajaran Islam.

Dari kelima gelombang migrasi Islam tersebut, Dr Hannas mencatat peningkatan yang signifikan pada gelombang kelima. Pada sekitar 1970-1980 terjadi gelombang migran Muslim yang cukup besar ke AS. Hal ini karena pada dekade tersebut terjadi peperangan dan perselisihan yang merebak di Turki, Afghanistan, dan Levant.

Menurut Dr Hannas, kelima gelombang tersebut yang telah memberikan efek terhadap perkembangan Islam di AS hingga saat ini. Ia pun mengakui, Islam dapat berkembang lebih pesat lagi di sana. Sebab, menurutnya AS memang menjadi salah satu negara yang memberi peluang kepada umat Islam untuk menyebarkan ajarannya.

Selain pengaruh imigrasi, PWC mencatat perkembangan Islam di AS juga tak terlepas dari cukup banyaknya mualaf dalam beberapa tahun terkakhir. Berdasarkan data yang dihimpunnya, PWC membuat perbandingan, satu dari lima Muslim di AS dilahirkan dari keluarga agama lain yang artinya mereka menjadi mualaf.

Pada tahun 2050 mendatang, PWC memperkirakan populasi Muslim di AS akan mencapai sekitar 8,1 juta orang atau 2,1 persen dari total penduduk di sana. Dengan demikian, seperti telah disinggung sebelumnya, Islam akan menjadi agama terbesar kedua di AS setelah Kristen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement