Ahad 29 Nov 2015 21:02 WIB

'Selandia Baru Negara Paling Islami di Dunia'

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Bendera Selandia Baru
Foto: Annhira.com
Bendera Selandia Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sebuah makalah bertajuk "Introduction to World Religions"memantik minat Abdullah Drury terhadap Islam. Berawal dari sana, dua puluh tahun lalu ia memutuskan bersyahadat.

Pria Waikato itu tidak sendirian. Menurut Sensus 2013, orang etnis asli Selandia Baru membentuk lebih dari seperempat Muslim negara itu. Muslim adalah minoritas di negara itu.

Jumlahnya hanya berkisar satu persen dari populasi, tapi mereka tak bisa dipandang remeh. Generasi muda mualaf di Selandia Baru terus tumbuh. Mereka mencakup spektrum luas di tengah populasi Kiwi (sebutan untuk orang Selandia Baru). Ada pria, wanita, tua, muda, Pakeha (keturunan Eropa), juga Maori.

Statistik 2013 mendata ke beradaan sekitar 46 ribu Muslim di Selandia Baru. Jumlah ini naik se kitar 28 persen dari 36.072 pada 2006 menjadi 46.149 Mu slim pada 2013.

Dalam skala nasional, terdapat 4.400 Muslim Eropa dan 1.100 Muslim Maori. Tidak semua kelahiran Selandia Baru. Ada yang berasal dari kepulauan Pasifik, Asia, Timur Tengah, bahkan Afrika.

Wajah Islam Selandia Baru begitu ma jemuk. Muslim Selandia Baru merepresentasikan sebuah ke beragaman besar dalam orientasi agama, etnisitas, latar belakang kelas sosial, dan pendidikan.

Perbedaan etnis itu merefleksikan ekspansi geografi dalam skala luas, dari Maroko, Filipina, Asia Tengah, Balkan, hingga Sub Sahara. Ko munitas Muslim Selandia Baru sekarang ter diri lebih dari 42 kebangsaan yang berbeda.

Secara umum, menurut World Fact Book CIA, etnis Eropa men capai 71,2 persen, disusul Maori 14,1 persen, Asia 11,3 per sen, dan K epulauan Pasifik 7,6 persen. Per kiraan Juli 2015 menyatakan kurang lebih ada 4,43 jiwa di negara itu.

Pemeluk Kristen menduduki jumlah terbanyak dengan total 44,3 persen dari berbagai denominasi. Islam hanya berjumlah 1,1 persen.

Namun, cukup mencengangkan bahwa Scheherazade S. Rehman dan Hossein Askari dalam "How Islamic are Islamic Countries?" dalam Global Economy Journal 2010, menempatkan Selandia Baru pada posisi pertama negara paling Islami di dunia dari 208 negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement