Kamis 30 Apr 2015 08:11 WIB

Tiga Tipe Perempuan dalam Alquran (1)

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari
Siluet muslimah
Foto: muslims4liberty.org
Siluet muslimah

REPUBLIKA.CO.ID,Terdapat tiga tipe perempuan berkaitan dengan keimanannya kepada Allah. Masing-masing tipe diwakili oleh istri Nuh AS dan istri Luth AS, istri Fir’aun, serta Maryam, putri Imran.

Tipe pertama diidentifikasi sebagai  perempuan yang hidup di tengah orang beriman, tapi tidak menjadikannya beriman. Yaitu, istri Nabi Nuh AS dan Nabi Luth AS.

Allah membuat mereka sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh, namun berkhianat kepada suaminya.  Maka,  suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah.

Surah At Tahrim ayat 10 pun menyebutkan, “Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam).

Ayat tersebut memberi perumpamaan tentang keadaan orang-orang kafir yang sudah tidak bermanfaat lagi baginya pelajaran atau nasihat dari orang-orang beriman.

Istri Nuh mengolok-olok dan mencela ajaran yang dibawa oleh suaminya. Sementara, istri Luth menunjukkan informasi kepada kaumnya tentang keberadaan tamu-tamu suaminya, padahal ia tahu apa yang akan dilakukan kaumnya terhadap tamu tersebut.

Artinya, ikatan apapun, baik ikatan darah atau perkawinan, sama sekali tidak membantu seseorang selama tidak disertai dengan ketakwaan kepada Allah.

Istri Nuh dan istri Luth sama sekali tidak mendapat keringanan atas statusnya sebagai istri nabi. Seorang suami harus membimbing keluarganya, tapi tanggung jawab tetap kembali pada diri masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement