Selasa 20 Oct 2015 20:20 WIB

Kuliah Tanpa Stres, Ikuti Cara Berikut

Wisuda (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Wisuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Program Nasional SET Empowering Indonesia kembali menyapa Yogyakarta, tepatnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebanyak 70 orang mahasiswa mengikuti kegiatan yang bertema “Kuliah Tanpa Stress dengan Smart Empowerment Technique (SET)".

Trainer SET yang membawakan acara, Ahmad Pranggono menerangkan teknik SET sebagai terapan Psikologi Islami dalam membantu para mahasiswa mengurangi beban psikologis. "Tujuan akhirnya meningkatkan potensi dan mengurangi hambatan psikologis dalam kuliah," papar Ahmad.

Ia memaparkan tentang teknik mengubah persepsi. Ahmad menerangkan teknik mengubah persepsi adalah mengubah tampilan emosi dengan cara mengubah gambaran hasil persepsi di otak.

Semisal, bila kita marah atas perkataan seseorang, sampaikan pada otak dengan membayangkan bahwa perkataan tersebut berasal dari seorang guru yang kita sukai dan cintai.

"Beliau sedang memberi masukan dan nasihat. Dengan cara ini, otak akan menampilkan gambaran persepsi yang positif karena kita menyukainya," ungkapnya.

Selanjutnya, otak akan memberikan perintah untuk menampilkan reaksi yang berbeda. Bukan lagi marah, melainkan mendengarkan dengan penuh minat dan tersenyum.

Dengan cara ini akan mengubah persepsi peserta bahwa kuliah itu menyenangkan dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement