REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan Hajj Command Center (HCC) dan meluncurkan aplikasi Satu Haji sebagai bagian dari upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Kedua inovasi ini diharapkan dapat memperkuat sistem pengendalian dan pelayanan jamaah secara lebih terintegrasi dan real time.
HCC dirancang sebagai pusat kendali data dan informasi haji yang mencakup seluruh proses operasional, dari pelunasan, pengisian kuota, pergerakan jamaah, hingga data jamaah sakit dan wafat.“Kita perlu kendali yang bisa dipantau bersama dari berbagai sisi dan tempat. HCC juga menjadi bagian dari upaya kita memperbaiki proses operasional haji, termasuk pengaduan dan layanan call center,” ujar Direktur Jenderal PHU Hilman Latief saat meresmikan Hajj Command Center di Jakarta, Rabu (7/5/2025).
Menurut Hilman, HCC merupakan kelanjutan dari digitalisasi layanan haji yang telah dimulai sejak 30 tahun lalu melalui sistem Siskohat. “Kini kita bawa ke level yang lebih praktis dan nyaman untuk pengambilan keputusan dengan suplai data secara real time,” ucap dia.
Sekretaris Ditjen PHU, M Arfi Hatim menjelaskan, HCC dilengkapi dengan sembilan layar dashboard yang menampilkan informasi penting selama masa operasional haji. Fitur ini juga mendukung kebutuhan pimpinan dalam memperoleh data yang cepat dan akurat untuk keperluan pengambilan kebijakan.
Apresiasi terhadap peluncuran HCC juga disampaikan Sekretaris Utama Badan Penyelenggara Haji (BP Haji), Teguh Dwi Nugroho. Dia menilai HCC sebagai kemajuan besar dalam peningkatan layanan haji dan wujud keterbukaan informasi publik.
“Penyelenggaraan haji membutuhkan kontrol yang ketat dan terpadu. HCC menjadi langkah strategis untuk koordinasi, pemantauan, serta mitigasi risiko,” kata Teguh. Dia juga berharap HCC ke depan dapat hadir di setiap embarkasi, bukan hanya di pusat.