Ahad 20 Oct 2024 16:00 WIB

Pesan Ketua Umum Al-Washliyah Untuk Pemimpin Baru NKRI Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran telah dilantik menjadi presiden dan wapres RI.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ketua MPR Ahmad Muzani memberikan berita acara pelantikan kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka  dalam sidang paripurna MPR dengan agenda  pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2024). Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 menggantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 Joko Widodo dan Maruf Amin.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua MPR Ahmad Muzani memberikan berita acara pelantikan kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dalam sidang paripurna MPR dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2024). Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 menggantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 Joko Widodo dan Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2024-2029 pada Ahad (20/10/2024). Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Washliyah, KH Masyhuril Khamis menyampaikan tahniah dan selamat serta pesan-pesan untuk pemimpin baru NKRI.

Kiai Masyhuril berpesan agar pemimpin baru Republik Indonesia dapat terus berlaku amanah, adil dan tabligh. 

Baca Juga

 

"Teruslah berlaku amanah, adil dalam memegang amanah, benar dalam ucapan dan perbuatan serta teruslah tabligh menyampaikan dan mencontohkan nilai-nilai kebaikan," kata Kiai Masyhuril kepada Republika, Ahad (20/10/2024)

Kiai Masyhuril mengungkapkan, saat ini pemimpin dituntut untuk meningkatkan nilai-nilai kepedulian, keberpihakan terutama terhadap kaum yang kurang beruntung. Kemudian, hukum harus berjalan pada koridornya, tidak boleh tajam ke bawah tapi tumpul ke atas.

"Harapan kita (kepada presiden dan wakil presiden baru) nilai-nilai pendidikan utamanya pendidikan agama, akhlak wajib dikedepankan sebagai upaya mendidik sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan beradab," ujar Kiai Masyhuril.

Berdasarkan jadwal, agenda pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Selanjutnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal membacakan sumpah jabatan.

Sidang paripurna itu akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Nantinya Jokowi dan Ma'ruf serta Prabowo dan Gibran bakal bertukar tempat duduk setelah prosesi pelantikan selesai. 

Acara dilanjutkan dengan pidato pertama presiden ke-8 Republik Indonesia Prabowo Subianto. Selain disaksikan oleh anggota DPR RI, DPD RI, para pejabat tamu undangan, serta masyarakat tanah air, kegiatan itu pun disaksikan oleh tamu kenegaraan dari negara-negara sahabat.

Pada 24 April 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

Dalam Pilpres 2024 terdapat tiga pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Penetapan tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement