Senin 14 Oct 2024 14:34 WIB

Kapan Tanggal Masehi 2024 Puasa Ayyamul Bidh pada Bulan Rabiul Akhir ini? 

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan setiap bulan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Hidangan berbuka puasa ayyamul bidh (Foto: ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Hidangan berbuka puasa ayyamul bidh (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan setiap bulan pada hari-hari ke-13, 14, dan 15 bulan Hijriyah.  Keutamaan puasa Ayyamul Bidh sangat istimewa baik dari segi pahala maupun dampak spiritualnya. 

Orang yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh ini akan mendapatkan pahala seperti puasa sepanjang tahun. Rasulullah SAW bersabda:  

Baca Juga

“Puasa tiga hari setiap bulan adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR Bukhari)  

Puasa Ayyamul Bidh adalah salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan melaksanakannya, umat Islam menghidupkan sunnah dan mendapatkan pahala mengikuti jejak beliau.

Dengan melaksanakan ibadah sunah ini, umat Islam juga akan mendapatkan manfaat pembersihan jiwa dan pengendalian diri. Karena, puasa dapat melatih diri untuk mengendalikan hawa nafsu, menjaga dari perbuatan dosa, dan meningkatkan kedekatan dengan Allah. Ini menjadi cara yang efektif untuk menenangkan hati dan membersihkan jiwa.

Selain manfaat spiritual, puasa Yaumul Bidh juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu detoksifikasi tubuh, mengatur metabolisme, dan memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat.

Dengan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, seorang Muslim meraih kebaikan dari sisi spiritual maupun fisik, serta mengumpulkan pahala yang berlipat.Lalu tanggal masehi Puasa Ayyamul Bidh pada Bulan Rabiul Akhir tahun ini? 

Untuk bulan Rabiul Akhir 1446 H, yang dimulai pada tanggal 4 Oktober 2024, berikut tanggal Masehi untuk Ayyamul Bidh di bulan tersebut:

- 13 Rabiul Akhir 1446 H: Rabu, 16 Oktober 2024

- 14 Rabiul Akhir 1446 H: Kamis, 17

- 15 Rabiul Akhir 1446 H: Jumat, 18 Oktober 2024

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement