Jumat 11 Oct 2024 18:47 WIB

Dirujak Ustadz Nuruddin, Guru Gembul Akui Kalah Telak Saat Debat Soal Akidah di UI

Guru Gembul mengaku kalah telak dalam debat tersebut

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Guru Gembul
Foto:

Akhirnya, kedua pun bersepakat untuk menggelar diskusi terbuka di UI pada 9 Oktober 2024 yang dihadiri ratusan orang. Namun, Guru Gembul justru dianggap meremehkan. Karena, dia menganggap masalah akidah tidak perlu didiskusikan.

"Dan saya bahkan pada waktu itu juga mengatakan saya meremehkan. Bukan meremehkan pada Ustaz Nuruddin, tapi saya meremehkan pada dialog dan diskusi ini. Ngapain hal yang seperti ini didiskusikan?" kata Guru Gembul. 

Dia pun mengaku memang menghindari untuk berdebat tentang masalah akidah. Kalaupun berbicara terkait dengan masalah agama, Guru Gembul biasanya hanya akan membahas tentang kritik sosial, masalah-masalah yang antropologis, sesuatu yang berhubungan dengan sejarah, perilaku manusia, dan lain sebagainya. "Masalah akidah saya menghindari perdebatan dan diskusi di situ," jelas dia. 

Ketika datang ke diskusi terbuka itu, akhirnya Guru  Gembul pun tidak membawa referensi apa-apa, dan dia mengaku memang tidak memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan tema yang dibahas. Sementara, Ustadz Nuruddin sudah siap dengan membawa referensi yang sangat banyak dan memiliki pengetahuan yang mendalam terkait dengan tema itu. 

"Jadi kalau misalkan baraya lihat perdebatan kemarin itu seperti jomplang dan seperti seakan saya memang meremehkan. Ya karena itu saya nggak bawa apa-apa, beliau mempersiapkan dengan sangat baik dan sangat jeli, sangat detail. Akhirnya apa? Ya ketika terjadi perdebatan itu saya tidak membawa apa-apa," kata Guru Gembul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement