Selasa 08 Oct 2024 13:08 WIB

Maryam Adalah Nabi? Ini Penjelasan al-Qurthubi

Al-Qurthubi yakin bahwa ada nabi Allah dari kalangan perempuan.

Ilustrasi Muslimah. Maryam binti Imran adalah perempuan yang istimewa.
Foto:

Kisah yang menggambarkan ketakwaan Maryam dan kesabarannya dapat disaksikan dalam proses dirinya mengandung Isa AS. Sebab, dari kehamilannya ini, ia harus menerima macam-macam cerca dan hinaan dari kaumnya sendiri, Bani Israil. Wanita salehah ini mengandung tanpa seorang suami di sisinya.

Sebelum kaumnya mengetahui tentang kehamilannya, Maryam memilih mengasingkan diri. Dia merasa malu karena kehamilannya itu. Rasa malunya yang besar tertuang dalam surah Maryam ayat ke-23. "Aduhai alangkah baiknya aku mati sebelum ini dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti lagi dilupakan."

Namun, kabar tak bisa dibendung. Kaumnya kemudian mendengar tentang kehamilan Maryam yang terjadi tanpa adanya pernikahan. Sontak saja, hinaan dan cemooh mereka luapkan. Semua kata-kata pedas itu tak dapat dihindari Maryam.

Kendati demikian, putri Imran ini menerima hinaan tersebut dengan perasaan tawakal hanya kepada Allah. Dia memasrahkan segala permasalahan yang dihadapinya hanya kepada Allah. Disebutkan dalam beberapa sumber bahwa ia berpuasa bicara ketika mendapatkan hinaan tersebut.

Sebelumnya, Maryam telah kedatangan Malaikat Jibril yang diutus Allah menyampaikan rencana-Nya. Sang malaikat tampil di hadapannya dengan menyerupai wujud manusia. Maryam lalu berdoa, "Sungguh aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa."

Malaikat Jibril pun menyatakan bahwa dirinya adalah utusan Allah untuk menyampaikan anugerah berupa bayi laki-laki suci. Maryam terkejut mendengar penjelasan Jibril. Ia bertanya, "Bagaimana mungkin aku mempunyai anak lelaki, sedangkan tidak pernah ada seorang lelaki yang menyentuhku dan aku bukan seorang pezina?"

Malaikat Jibril hanya menjawab bahwa Allah telah berfirman, "Dan persoalan ini bagi-Nya merupakan sesuatu yang mudah diatasi." Itu sebabnya, Maryam kemudian mengasingkan diri guna menyelamatkan bayi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement