Rabu 25 Sep 2024 11:46 WIB

Warga di 2 Negara Mayoritas Muslim Ini Bisa Masuk Amerika Serikat tanpa Visa

Amerika Serikat berikan kebijakan khusus untuk Qatar dan Brunei

Sebuah bendera Amerika Serikat (ilustrasi). Amerika Serikat berikan kebijakan khusus untuk Qatar dan Brunei
Foto: AP / Elaine Thompson
Sebuah bendera Amerika Serikat (ilustrasi). Amerika Serikat berikan kebijakan khusus untuk Qatar dan Brunei

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK- Negara Teluk Qatar pada hari Selasa menjadi negara mayoritas Muslim kedua yang masuk ke dalam program yang memungkinkan warganya untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa terlebih dahulu mendapatkan visa Amerika Serikat.

Departemen Luar Negeri dan Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat bersama-sama mengumumkan bahwa Qatar telah memenuhi persyaratan yang ketat untuk bergabung dalam program pengabaian visa.

Baca Juga

Persyaratan tersebut termasuk tingkat penolakan visa yang rendah, tingkat visa yang tinggal melebihi batas waktu yang ditentukan dan permintaan perlakuan timbal balik terhadap wisatawan Amerika, yang sudah diizinkan untuk mengunjungi Qatar tanpa visa hingga 30 hari.

“Qatar telah menjadi mitra yang luar biasa bagi Amerika Serikat, dan hubungan strategis kami semakin kuat selama beberapa tahun terakhir,” kata kedua departemen tersebut dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah bukti lebih lanjut dari kemitraan strategis kami dan komitmen bersama kami terhadap keamanan dan stabilitas.”

Qatar, yang telah memainkan peran kunci dalam upaya menegosiasikan kesepakatan gencatan senjata di Gaza dan merupakan mitra penting Amerika Serikat sebelum dan selama penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan, merupakan negara ke-42 yang masuk ke dalam program ini.

Sebagian besar negara yang warganya dapat mengunjungi Amerika Serikat tanpa visa adalah sekutu lama Amerika serikat di Eropa dan Asia. Satu-satunya negara mayoritas Muslim lainnya yang masuk dalam program ini adalah negara kecil di Asia Tenggara, Brunei.

Meskipun populasi Qatar lebih dari 3 juta orang, hanya sebagian kecil saja, sekitar 320.000 orang, yang benar-benar warga Qatar yang memenuhi syarat untuk mengikuti program ini jika mereka memiliki paspor yang masih berlaku.

Sebagian besar orang yang tinggal di Qatar adalah pekerja asing dan ekspatriat lain yang tidak memiliki paspor Qatar.

BACA JUGA: Israel Larang Adzan Berkumandang di Masjid Ibrahimi Sudah Lebih dari 8 Hari

Program ini memungkinkan warga negara yang memenuhi syarat untuk memasuki Amerika Serikat untuk bisnis atau pariwisata tanpa visa hingga 90 hari, meskipun mereka masih harus mendapatkan persetujuan melalui Sistem Elektronik untuk Otorisasi Perjalanan, atau ESTA, yang dilakukan secara online dan tidak memerlukan wawancara langsung seperti halnya aplikasi visa.

Setelah 1 Oktober, warga negara Amerika Serikat akan diizinkan untuk tinggal di Qatar tanpa visa selama 90 hari.

Israel adalah negara terakhir yang masuk ke dalam program ini pada 2023, dan diizinkan masuk meskipun ada kekhawatiran signifikan bahwa program ini tidak memperlakukan warga Amerika keturunan Palestina, Amerika keturunan Arab, atau Amerika keturunan Muslim sama seperti pemegang paspor Amerika Serikat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement