Senin 23 Sep 2024 11:39 WIB

Mengenal Fadi, Pejuang Hizbullah yang Dijadikan Nama Rudal Penghancur Israel

Hizbullah menargetkan pangkalan militer dan bandara dengan rudal Fadi-1 dan Fadi-2

Roket Hizbullah
Foto:

Setelah serangan rudal Hizbullah di Israel utara dan pemboman kompleks industri militer milik perusahaan Rafael, banyak yang bertanya: Siapakah Fadi, yang namanya digunakan untuk menamai rudal-rudal ini?

Dikutip dari Aljazirah, rudal-rudal ini dinamai menurut Fadi Hassan Tawil, yang lahir pada tanggal 5 Oktober 1969 di Beirut Barat. Dia berasal dari kota selatan Khirbet Selem.

Tawil bergabung dengan kelompok perlawanan pada tahun 1982. Pejuang Hizbullah ini berpartisipasi dalam berbagai misi, termasuk operasi pengawasan, pengintaian, dan penyergapan jauh di dalam zona pendudukan.

Ia terbunuh pada tanggal 30 Mei 1987, selama operasi Badr Al-Kubra, yang menargetkan pasukan pendudukan Israel dan Tentara Lebanon Selatan di bawah pimpinan Antoine Lahad.

Jenazahnya tetap berada di medan perang selama delapan hari sebelum dapat diambil dan dikuburkan. Fadi Tawil adalah saudara dari komandan Hizbullah Wissam al-Tawil, yang juga terbunuh di Lebanon selatan selama pertempuran Badai Al-Aqsa yang sedang berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement