Senin 23 Sep 2024 07:08 WIB

Tujuh Keutamaan Sholat Dhuha, Salah Satunya Dapat Istana Emas di Surga

Ada banyak keutamaan yang didapatkan orang yang sholat Dhuha

Sholat dhuha (ilustrasi)
Foto:

4. Dicukupi kebutuhan hidupnya

Orang yang gemar melaksanakan sholat Dhuha karena Allah, akan diberikan kelapangan rezeki oleh Allah. Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadits Qudsi dari Abu Darda' bahwa Allah berfirman:

"Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) karena Aku pada awal siang (shalat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (H.R. Tirmidzi)

5. Pahala haji dan umrah

Orang yang shalat Subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit kemudian shalat Dhuha, maka pahalanya seperti pahala haji dan umrah. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang shalat Shubuh berjemaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (H.R. Tirmidzi)

6. Diampuni semua dosanya walau sebanyak buih di lautan

Allah akan mengampuni dosa orang yang membiasakan shalat Dhuha, walau dosanya sebanyak buih di laut. Sebagaimana disebut dalam hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

7. Dapat istana di surga

Allah akan membanun istana di surga bagi orang yang gemar shalat Dhuha. Rasulullah SAW menegaskan dalam hadits dari Anas bin Malik:

"Barangsiapa shalat Dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Demikian beberapa nash hadits (dalil hadits) yang secara gamblang menyebutkan banyaknya manfaat dari shalat Dhuha ika kita rabin melakukannya setiap hari. Sebuah motivasi bagi kita agar lebih perhatian dengan shalat Dhuha dan membiasakan shalat Dhuha.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement