Kamis 05 Sep 2024 09:43 WIB

Bikin Merinding, Tiga Kutipan Ali Bin Abi Thalib yang Diposting Faisal Basri Semasa Hidup

Faisal dikenal sebagai sosok sederhana yang kritis terhadap penguasa.

Ekonom Faisal Basri memberikan keterangan saat menjadi ahli yang  dihadirkan oleh Tim Hukum Nasional AMIN dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (1/4/2024). Agenda sidang lanjutan tersebut yaitu Pembuktian Pemohon (Mendengarkan keterangan ahli dan saksi Pemohon serta Pengesahan alat bukti tambahan Pemohon). Tim Hukum Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadirkan 7 ahli dan 11 saksi dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tersebut.
Foto: Republika/Prayogi
Ekonom Faisal Basri memberikan keterangan saat menjadi ahli yang dihadirkan oleh Tim Hukum Nasional AMIN dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (1/4/2024). Agenda sidang lanjutan tersebut yaitu Pembuktian Pemohon (Mendengarkan keterangan ahli dan saksi Pemohon serta Pengesahan alat bukti tambahan Pemohon). Tim Hukum Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadirkan 7 ahli dan 11 saksi dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia pada Kamis (5/9/2024). Faisal berpulang pada sekira pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. Pria kelahiran Bandung, 6 November 1959 itu meninggal pada usia 64 tahun. 

Rumah duka almarhum berlokasi di Kompleks Gudang Peluru Blok A 60, Jakarta Selatan. Almarhum akan diberangkatkan dari Masjid Az Zahra, Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan ba'da ashar. Informasi sementara, lokasi tempat pemakamannya adalah di TPU Menteng Pulo. 

Baca Juga

Semasa hidupnya, Faisal Basri dikenal sebagai sosok ekonom yang sederhana dan kritis kepada penguasa. Faisal yang merupakan pakar kebijakan fiskal tersebut selalu bersikap manakala ada ketidakadilan dalam politik anggaran pemerintah.

Cendikiawan ini pun kerap mengutip beberapa perkataan dari berbagai tokoh, termasuk salah seorang sahabat sekaligus menantu Rasulullah SAW, Ali bin Abi Thalib. Berikut tiga kutipan Ali bin Abi Thalib berisi seputar kejujuran dan kezaliman yang sempat di-posting Faisal Basri lewat akun X nya.

 

1. Jadilah orang jujur

Wahai Manusia, jadilah orang jujur, karena Allah akan menjadi penolong bagi orang-orang jujur. Hindari berbohong karena itu akan merusak imanmu.Ketahuilah bahwa orang-orang jujur berada di ambang kemuliaan&kehormatan, sementara para pendusta berada di ambang kehancuran&kebinasaan (Ali bin Abi Thalib)

2.Jangan nasihati orang bodoh

Jangan menasihati orang bodoh, karena dia akan membencimu. Nasihatilah orang yang berakal, karena dia akan mencintaimu." (Ali bin Abi Thalib)

3. Kezaliman akan terus ada

Kezaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya orang-orang jahat, melainkan karena diamnya orang-orang baik. (Ali bin Abi Thalib)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement