Jumat 30 Aug 2024 15:02 WIB

Sisi Islami Presiden RI Pertama Soekarno yang Jarang Terungkap, Sosok yang Cinta Masjid

Soekarno dikenal sebagai sosok Islami yang mencintai masjid

Soekarno, Presiden RI I. Soekarno dikenal sebagai sosok Islami yang mencintai masjid
Foto:

Hal itu pun dilakukan oleh Arab Saudi, bahkan sekarang tempat sai di sana jadi tingkat lima. Kemudian saat di Padang Arafah, beliau melihat tanah yang tandus dan gersang, maka itu beliau menyarankan agar Padang Arafah ditanami pohon-pohonan agar jamaah bisa beribadah dengan nyaman.

“Saat ini Padang Arafah sudah hijau karena ditanami pohon-pohon mimba, yang di Arab Saudi disebut dengan Pohon Soekarno,” kata dia.

Apa ciri khas masjid yang dibangun oleh Soekarno? Ustadz Jazir menjelaskan, ciri khasnya masjid-masjid tersebut pasti punya filosofi yang mendalam dan keterikatan antara satu sama lain. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, pembangunan antara Masjid Syuhada, Istiqlal, Baiturahman, dan Salman sangat berkaitan. Memiliki cerita yang saling melengkapi dan monumental.

Selain latar belakang ideologis, apakah ada latar belakang politik di balik pembangunan masjid? “Ya jelas ada. Soekarno juga kan tokoh politik bangsa,” ujar Ustadz Jazir.

Dia mencontohkan misalnya, misalnya, saat membangun Istiqlal, itu sebenarnya beliau sedang merasa tertekan oleh umat Islam. Karena saat itu, beliau sedang gencar-gencarnya membangun kabinet Nasakom.

Banyak sekali umat Islam yang menolak, lalu melalui pembangunan Istiqlal beliau ingin menunjukkan pada umat islam bahwa ia masih memiliki kedekatan dengan agama yang dipeluknya. Pada dasarnya, alasan Soekarno membangun masjid sebagai bangunan-bangunan monumental tidak lain adalah karena semangatnya dalam mencintai Islam.

photo
Sang proklamator RI, Sukarno, beserta Fatmawati berbincang dengan rakyat. - (dok wiki)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement