Jumat 30 Aug 2024 09:25 WIB

Uni Eropa Mulai Mekanisme Pemberian Sanksi pada Dua Menteri Ekstremis Israel

Borrel telah memulai prosedur untuk meminta kepada negara-negara Eropa perihal sanksi

 Josep Borell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan dan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (tidak digambarkan) selama konferensi pers setelah pertemuan di Kairo, Mesir, 03 September 2020.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Josep Borell, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan dan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (tidak digambarkan) selama konferensi pers setelah pertemuan di Kairo, Mesir, 03 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM  — Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell menyerukan sanksi bagi dua menteri Israel yang berasal dari ekstremis sayap kanan. Sikap Borell tersebut dibalas dengan kritik dari menteri energi dan menteri luar negeri Israel lewat platform X. 

Josep Borrell pada Kamis (29/8/2024) pagi mengatakan bahwa ia akan meminta para menteri luar negeri Uni Eropa untuk mempertimbangkan sanksi terhadap Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich. Dia menuduh keduanya telah menyebarkan “pesan kebencian yang tidak dapat diterima terhadap warga Palestina.”

Baca Juga

Sebelum menghadiri pertemuan informal para menteri luar negeri Uni Eropa di Brussel, Borrell mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah memulai prosedur untuk meminta negara-negara anggota mempertimbangkan memasukkan beberapa menteri Israel ke dalam daftar sanksi Uni Eropa. Menurut Borrell, kedua pejabat tersebut  telah mengusulkan hal-hal yang jelas-jelas bertentangan dengan hukum internasional dan merupakan ajakan untuk melakukan kejahatan perang.

photo
PM Israel Benjamin Netanyahu dan Menkeu Bezalel Smotrich (kanan). Dalam pernyataannya yang beredar di media sosial, Smotrich menyerukan penghancuran total terhadap Gaza. - (EPA-EFE/RONEN ZVULUN / POOL)

Menteri Energi Israel yang kesal dengan sikap Borrel menegaskan, sikapnya bentuk kemunafikan."Josep Borrell, yang mentransfer uang ke Otoritas Palestina, ingin menjatuhkan sanksi pada menteri Israel yang bekerja untuk melawan terorisme. Kemunafikan!," kata Menteri Energi Israel Eli Cohen di X.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz juga mengkritik diplomat Eropa terkemuka tersebut.“Menteri luar negeri Uni Eropa yang akan segera mundur, Josep Borrell, mengklaim bahwa Menteri Luar Negeri Israel menyerukan pemindahan warga Palestina dari Tepi Barat. Ini adalah kebohongan terang-terangan, sama seperti pernyataan palsunya sebelumnya mengenai pernyataan saya tentang Gaza, yang kemudian ia tarik kembali,” kata Katz di X.“Saya menentang pemindahan penduduk dari rumah mereka,” klaim Katz.

 

sumber : Antara, Anadolu, ONA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement