Ahad 25 Aug 2024 13:50 WIB

Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Religius Versi Pew Research, Ini Alasannya

Penduduk Indonesia paling banyak beribadah setiap harinya

Umat Muslim Indonesia (ilustrasi). Penduduk Indonesia paling banyak beribadah setiap harinya
Foto: Republika/Edwin Putranto
Umat Muslim Indonesia (ilustrasi). Penduduk Indonesia paling banyak beribadah setiap harinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Selama satu setengah dekade terakhir, Pew Research Center telah melakukan survei yang berfokus pada agama di seluruh dunia.

Salah satu pertanyaan yang diajukan dalam setiap survei ini adalah “Seberapa penting agama dalam hidup Anda?” Pertanyaan lain yang kami ajukan berulang kali adalah “Seberapa sering Anda berdoa?”

Baca Juga

Dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini, Pew Research melihat pola yang secara luas serupa di 102 negara dan wilayah yang kami survei antara 2008 dan 2023.

Tempat-tempat yang paling religius menurut kedua ukuran ini cenderung berada di sub-Sahara Afrika, Amerika Latin, dan wilayah Timur Tengah-Afrika Utara. Tempat-tempat yang paling tidak religius cenderung berada di Eropa dan Asia Timur.

Indonesia ditetapkan sebagai negara paling religius menurut Pew Research merujuk pada survei terbaru mereka.

Orang-orang di sub-Sahara Afrika adalah yang paling mungkin mengatakan bahwa agama sangat penting dalam kehidupan mereka. Setidaknya 90 persen orang dewasa mengatakan hal ini di Senegal, Mali, Tanzania, Guinea-Bissau, Rwanda, dan Zambia.

Sebaliknya, orang-orang di hampir semua negara Eropa yang disurvei termasuk yang paling kecil kemungkinannya untuk mengatakan bahwa agama sangat penting dalam hidup mereka. Di Estonia, Republik Ceko, Denmark, Swiss, Inggris, Swedia, Latvia, dan Finlandia, hanya 10 persen atau kurang dari orang dewasa yang mengatakan hal ini.

BACA JUGA: Khasiat Istighfar dan Datangnya Rezeki 

Pola di Asia Selatan dan Asia Tenggara tidak sekonsisten di Afrika sub-Sahara dan Eropa. Orang dewasa di beberapa tempat di wilayah ini termasuk yang paling mungkin di seluruh dunia yang sangat mementingkan agama.

Sebagai contoh, di Indonesia, di mana hampir semua orang dewasa mengatakan bahwa agama sangat penting dalam kehidupan mereka. Namun, jumlah yang jauh lebih kecil di Singapura (36 persen) dan Vietnam (26 persen) memberikan jawaban ini.

Di Amerika Serikat, 42 persen orang dewasa mengatakan bahwa agama sangat penting dalam hidup mereka. Angka ini berada di bawah median 102 negara lain yang mencapai 55 persen.

Tingkat ibadah...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement