Jumat 16 Aug 2024 05:44 WIB

Kebiasaan Ulama: Persiapkan Sholat Jumat Selepas Subuh, Pergi ke Masjid Jami Sejak Pagi

Mereka mandi sunah hari Jumat lalu berdandan dan mengenakan pakaian putih.

Umat Islam melakukan ibadah sholat Jumat awal Ramadhan di depan gerbang masuk menuju Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (15/3/2024). Israel melakukan berbagai pembatasan untuk umat muslim masuk ke masjid Al-Aqsa di hari Jumat  pertama bulan suci Ramadhan. Jamaah wajib mendapatkan surat izin dan kartu magnet valid untuk bisa masuk ke masjid. Tentara Israel juga memasang penghalang di tiga gerbang menuju masjid Al-Aqsa. Sholat Jumat awal Ramadhan di masjid Al-Aqsa terlihat dihadiri ribuan umat muslim.
Foto:

Berangkat ke masjid lebih awal untuk sholat Jumat memiliki banyak keutamaan. Di mana Allah ta'ala memberikan pahala orang yang berkurban kepada orang yang datang lebih cepat ke masjid. Sebagaimana hadits berikut:

 فقد قال رسول الله من راح إلى الجمعة في الساعة الأولى ، فكأنما قرب بدنة ، ومن راح في الساعة الثانية ، فكأنما قرب بقرة ، ومن راح في الساعة الثالثة ، فكأنما قرب كبشا، ومن راح في الساعة الرابعة، فكأنما قرب دجاجة ، ومن راح في الساعة الخامسة فكأنما أهدى بيضة ، فإذا خرج الإمام ، طويت الصحف ، ورفعت الأقلام واجتمعت الملائكة عند المنير يستمعون الذكر

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa mendatangi sholat Jumat di awal permulaan waktu, maka seakan berkorban untuk. Barangsiapa mendatangi sholat Jumat pada waktu yang kedua maka seakan berkorban sapi. Barangsiapa mendatangi sholat Jumat pada waktu yang ketiga, maka seakan berkorban seekor kambing. Barangsiapa mendatangi sholat Jumat pada waktu yang keempat maka seakan berkorban seekor ayam jantan. Barangsiapa mendatangi sholat Jumat pada waktu yang kelima maka seakan berkorban sebutir telur. Bila imam telah naik mimbar untuk berkhutbah maka tidak ada bagian (keutamaan pahala) lagi buatnya. Buku catatan amal telah ditutup dan para malaikat (yang bertugas mencatat amal) berkumpul di sebelah mimbar untuk mendengarkan khutbah. 

(Bidayatul Hidayah, 158).

photo
Seorang pria sholat pada bulan suci Ramadhan di Masjid Amr ibn al-Aas di Kairo, Mesir, Jumat (14/4/2023). - (AP Photo/Amr Nabil)

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement