Kamis 01 Aug 2024 10:29 WIB

Lantamal V TNI AL Surabaya Bantu Distribusi 20 Ribu Alquran ke Daerah Terpencil

Distribusi Alquran akan dilakukan ke Lumajang, Probolinggo dan Jember.

Letkol AL (KH) Totok Prasetijo S.IP., M.Han., Kepala Dinas Potensi Maritim - Kadispotmar Lantamal V (tengah)
Foto: Dok BWA
Letkol AL (KH) Totok Prasetijo S.IP., M.Han., Kepala Dinas Potensi Maritim - Kadispotmar Lantamal V (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan Wakaf Alquran (BWA) melakukan simbolisasi road trip untuk pendistribusian 20 ribu Alquran di kantor Dispotmar Lantamal V Armada II TNI AL Surabaya, Rabu (31/7/2024). Acara pembukaan distribusi wakaf Alquran yang bekerjasama dengan Galena Group itu dilaksanakan penuh hikmat dan berjalan lancar.

Kegiatan yang difasilitasi tempat oleh Dispotmar Lantamal V Armada II TNI AL, melalui Kepala Dispotmar Lantamal V, Letkol Laut (KH) Totok Prasetijo, S.IP., M. Han., itu didukung sepenuhnya oleh Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadz Nahdlatul Ulama’ atau disingkat JQHNU Jawa Timur, berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga

Melalui ketuanya, KH Ahmad Ahid Sofiyaji yang sering disapa dengan Gus Ahid menyampaikan bahwa sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al-Hijr (15:9), “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami benar-benar yang memeliharanya.”

Gus Ahid menyampaikan apresiasi secara khusus kepada Kepala Dispotmar Lantamal V, yang telah memfasilitasi terselenggaranya acara penuh dengan kemuliaan  tersebut. Acara dibuka sekaligus ditutup dengan do’a oleh KH. Ali Maskuri selaku sekretaris JQHNU Jawa Timur dengan bacaan Ummul Kitab, Surah Al Fatihah.

Road Trip Distribusi 20 Ribu Al Qur’an di Jawa Timur sebagai bagian dari proyek keumatan BWA dilaksanakan mulai tanggal 31 Juli sampai dengan tanggal 9 Agustus 2024 di bawah koordinasi Abadi, selaku Ketua Project Wakaf Al Qur’an dan Pembinaan disingkat - WAP Jawa Timur.

Distribusi dilaksanakan meliputi tiga kabupaten antara lain Lumajang, Probolinggo dan Jember di daerah daerah terpelosok, terpencil dan terasing yang tidak bisa diakses oleh angkutan umum biasa. Secara khusus dalam acara simbolis, Abah Hadi Suroso S.E., MM., sebagai Pimpinan mewakili Gus Krisna Didit Wiwaha, Founder dan Owner Galena Group, menjelaskan apa dan bagaimana sinergitas antara BWA dan Galena yang telah terjalin bertahun tahun lamanya selama ini dengan penuh dinamika suka dan duka mendistribusikan Alqur’an di seluruh pelosok tanah air Indonesia.

Terkait dengan dukungan Dispotmar Lantamal V atas kegiatan tersebut disampaikan oleh Letkol Laut (KH) Totok Prasetijo, S.IP., M. Han. Totok menegaskan, Dispotmar Lantamal V siap melibatkan personil untuk melakukan pendampingan sesuai dengan area kewenangan Lantamal V mengikuti arahan Aspotmar dan Komandan Lantamal  V Armada II TNI AL.

Ust. Slamet Sugianto selaku Area Manajer BWA Jawa Timur, berharap semakin kokoh dan berkesinambungannya sinergitas antara Dispotmar Lantamal V, Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadz Nahdlatul Ulama’ Jawa Timur, dan Galena Group dalam rangka mewujudkan kemaslahatan masyarakat maritim melalui distribusi Al Qur’an berikut pembinaan baca, tulis dan hafalannya, pengadaan air bersih dan pengelolaan ketahanan pangan melalui pertanian organik di Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement