Kamis 01 Aug 2024 08:52 WIB

Habib Nabiel Minta Umat Istiqomah, Boikot Produk Pro Israel Bukan Hanya Soal Palestina

Boikot dinilai juga membantu membangkitkan produk dalam negeri.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pimpinan Majelis Rasulullah Habib Nabiel Al Musawa memberikan ceramah saat Tabligh Akbar di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/5/2022). Tabligh Akbar yang terselenggara atas kerjasama antara Republika dan Majelis Az-Zikra tersebut mengambil tema Semangat Umat Merawat Bangsa.Prayogi/Republika.
Foto:

Sebagaian masyarakat Indonesia mungkin masih menyatakan bahwa apa yang terjadi di Gaza merupakan urusan bangsa Palestina. Sehingga, masyarakat Indonesia tidak perlu melakukan boikot. Namun, Habib Nabiel menyatakan bahwa boikot tersebut tidak hanya dapat membantu Palestina, tapi juga membantu membangkitkan produk dalam negeri. 

"Tidak, tidak. Itu bukan hanya urusan bangsa Palestina. Ketika kita memboikot produk-produk yang seperti itu, itu kita juga menguntungkan produk lokal. Jadi, kaum Muslim di negeri kita itu lebih berhak kita bantu. Lebih berhak untuk kita besarkan perusahaan-perusahaannya," jelas Habib Nabiel. "Nah, jadi ada dua hal. Yang pertama, kita membantu Palestina. Yang kedua, kita membangkitkan produk lokal," ucap dia. 

Forum Ukhuwah Islamiyah ini dihadiri sekitar 30 peserta perwakilan ormas Islam di Indonesia. Di antaranya, PBNU, Muhammadiyah, Al-Irsyad, Persis, PUI. Selain itu, hadir pula perwakilan dari sejumlah perguruan tinggi dan pesantren. 

Habib Nabiel berharap, forum termasuk bisa membangkitkan semangat seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memboikot produk-produk Israel atau produk yang terafiliasi dengan negara zionis itu. 

"Ngapain kita terus-menerus dijajah sama produk-produk impor? Nah maka mudah-mudahan dengan ini semua, seluruh masyarakat, bukan hanya kaum muslimin, yang non-muslim juga, kembali kepada produk lokal. Untuk apa? Bukan hanya untuk bangsa Palestina, bukan hanya untuk kaum muslimin, tapi untuk seluruh NKRI yang kita cintai," kata Habib Nabiel.

photo
Rupa-Rupa Dampak Boikot Israel - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement