Senin 15 Jul 2024 17:15 WIB

Pemkot Tangerang Ajak Imam Masjid Tingkatkan Kemampuan Baca Alquran

Imam masjid harus mampu baca Alquran dengan fasih.

Ilustrasi mengaji alquran.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi mengaji alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang, Banten mengajak para imam masjid untuk mengikuti pelatihan kapasitas kemampuan membaca Al Quran, hafalan, dan fiqih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman di Tangerang, Sabtu, mengatakan peran imam dalam sebuah masjid sangatlah penting tidak hanya sebagai pemimpin shalat tetapi juga panutan dan pembimbing bagi umat.

Baca Juga

Oleh karena itu pelatihan yang digelar DKM Masjid Raya Al Azhom diharapkan dapat membantu para imam dalam menjalankan tugasnya lebih sempurna dan menjadi kebaikan bagi masyarakat

"Melalui pelatihan ini, diharapkan para imam masjid dapat menjalankan tugasnya dengan lebih sempurna," ujar Sekda Herman dalam acara pembukaan peningkatan kualitas imam Masjid Raya Al-A'zhom dan Masjid Agung Al-Ittihad yang digelar di Ruang Rapat Gedung MUI Kota Tangerang, Sabtu

Sekda Herman yang juga Ketua Umum DKM Masjid Raya Al-A'zhom menambahkan kualitas imam yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas ibadah dan kehidupan beragama di masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya meminta seluruh imam masjid dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan disebarkan jadi kebaikan.

"Saya harap para imam masjid dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitasnya, sehingga dapat turut berdampak pada kualitas ibadah maupun perilaku baik masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Ia juga berharap kegiatan yang digagas oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al A'zhom ini, dapat digelar secara intensif di Kota Tangerang.

"Diharapkan pelatihan ini dapat digelar secara serentak di Kota Tangerang, nanti bisa dikoordinasikan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang," ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengajak para DKM untuk terus meningkatkan kinerjanya agar dapat memakmurkan masjid di Kota Tangerang.

Ia mengatakan upaya memakmurkan masjid di Kota Tangerang sejalan dengan tren peningkatan jumlah penduduk, termasuk dengan adanya para pendatang dari luar kota.

Sebab masjid memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang religius dan bermoral.

"Masjid selain tempat ibadah, juga tempat pendidikan, dan untuk menjalin silaturahmi. Mari kita jadikan masjid sebagai tempat untuk meningkatkan iman dan taqwa, serta untuk membangun masyarakat yang religius dan bermoral," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement