Rabu 10 Jul 2024 15:06 WIB

Kunjungan Grand Syekh al-Azhar Jadi Trending Topic

Grand Syekh al-Azhar mengunjungi Indonesia sejak Senin.

Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainil Majdi selaku Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang RI (kiri) dengan Grand Syekh al-Azhar Prof Dr Ahmed al-Tayeb.
Foto: dok ist
Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainil Majdi selaku Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar Cabang RI (kiri) dengan Grand Syekh al-Azhar Prof Dr Ahmed al-Tayeb.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grand Syekh al-Azhar Prof Dr Ahmad Thayib memulai kunjungan di Indonesia sejak Senin (8/7/2024). Kedatangannya menuai perhatian masyarakat dan tokoh-tokoh penting di Tanah Air. Termasuk di antaranya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menerima kunjungan kehormatan Imam Besar al-Azhar tersebut di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Prof Dr Ahmad Thayib, yang juga menjabat sebagai Ketua Majlis Hukama Muslimin, mengunjungi RI dalam rangka mempererat hubungan antar-komunitas Muslim serta memperkuat moderasi Islam. Dalam kunjungannya, ia bertemu dengan berbagai tokoh agama dan cendekiawan Muslim untuk membahas isu-isu penting keislaman, kemasyarakatan, dan global.

Baca Juga

Popularitas kunjungan sang Grand Syekh juga tampak di jagat media sosial. Menurut pemerhati media sosial Reza Adiluhung, kata kunci "Majlis Hukama" menempati urutan pertama pada trending topic X (sebelumnya bernama Twitter) pada pukul 12.48 WIB, Rabu (10/7/2024). Kemudian, itu disusul oleh tanda pagar #muslimelderindonesia yang menempati posisi kedua.

Dalam salah satu posting-nya, Fani (@cymoy) mengatakan, “Kalian tau ga si kedatangan Grand Syekh Al Azhar Prof. DR. Ahmed Al-Tayeb, ketua Majelis Hukama muslimin ke indonesia ini menjadi momentum bersejarah yang bisa mempererat tali persaudaraan antara umat islam indonesia dan dunia arab.”

Dalam posting lainnya, Ichaa (@Onyekcuuu) mengungkapkan bahwa "Kunjungan Grand Syekh Al Azhar Prof. DR. Ahmed Al-Tayeb, ketua Majelis Hukama muslimin membawa berkah, pesan perdamaian dan saling menghormati antarumat beragama"

Kegiatan utama Syekh al-Azhar selama berada di Indonesia meliputi kunjungan ke beberapa pesantren besar, diskusi dengan para ulama, serta menghadiri acara-acara keagamaan yang diadakan oleh berbagai organisasi Islam. Ia juga berkesempatan memberikan ceramah di beberapa universitas terkemuka di Tanah Air.

Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia Tuan guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi mengatakan, kehadiran Grand Syekh al-Azhar di Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat tali silaturahim antarumat Islam di Indonesia.

Selain itu, kunjungan ini juga menjadi momentum penting untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Universitas al-Azhar, lembaga pendidikan Islam tertua dan paling berpengaruh di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement