Jumat 05 Jul 2024 07:23 WIB

Terungkap 4 Negara Pemasok Senjata Paling Banyak untuk Israel Selama Perang Gaza  

Amerika Serikat hingga Inggris berkontribusi terhadap senjata Israel

Salah satu Iron Dome Israel yang dipasok Amerika Serikat. Amerika Serikat hingga Inggris berkontribusi terhadap senjata Israel
Foto:

Jerman telah menyetujui ekspor senjata senilai 326 juta Euro (352 juta dolar AS) ke Israel sebelum 7 Oktober, dan terus mengizinkan lisensi untuk peralatan militer seperti amunisi latihan, demikian laporan Forensis yang berbasis di Berlin.

Lisensi ini juga mencakup teknologi militer, peralatan elektronik, kapal perang, peralatan angkatan laut khusus, bom, torpedo, roket, rudal, dan alat peledak lainnya.

Pada 2023, Jerman melakukan ekspor senjata dalam jumlah besar ke Israel, termasuk dua korvet kelas 6 Sa'ar, 10 torpedo DM2A4 Seehecht untuk kapal selam Dolphin, dan berbagai mesin diesel untuk berbagai kendaraan militer, seperti yang dilaporkan oleh SIPRI.

Korvet Sa'ar 6, yang sebagian didanai oleh pemerintah Jerman, mulai beroperasi selama serangan Israel saat ini di Gaza. Kapal-kapal perang ini telah secara aktif berpartisipasi dalam serangan-serangan lepas pantai dan berkontribusi pada blokade Angkatan Laut Israel terhadap Gaza.

Kapal pengangkut personel lapis baja (APC) Eitan, yang ditenagai oleh mesin diesel Jerman, dengan cepat masuk ke dalam status operasional di Gaza. Baik Eitan maupun kendaraan tempur infanteri telah dikerahkan di garis depan, mendukung pasukan Israel dalam operasi penyerangan perkotaan.

Jerman juga mengekspor mesin diesel untuk tank Merkava-4, yang merupakan bagian integral dari invasi darat Israel. Sejak Oktober lalu, tank-tank ini telah digunakan dalam serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur di Gaza.

Bulan Januari lalu, surat kabar mingguan Jerman, Der Spiegel, melaporkan bahwa Berlin setuju untuk memasok Israel dengan 10 ribu butir amunisi tank 120mm dari gudang militernya, menyusul permintaan Israel pada November 2023.

Ketiga, Italia

Italia adalah pengekspor senjata terbesar berikutnya ke Tel Aviv, menyumbang 0,9 persen dari impor Israel dari 2019 hingga 2023, demikian menurut laporan SIPRI.

Pada kuartal terakhir 2023, Italia... 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement