Rabu 03 Jul 2024 09:13 WIB

Baca Surah Al-Waqiah Membuka Pintu Rezeki Padahal Artinya Hari Kiamat, Kok Bisa?

Ayat 63 sampai 76 surah Al-Waqiah bicara Allah sumber kenikmatan.

Jamaah haji memanjatkan doa di Jabal Nur, Makkah, Senin (24/6/2024) menjelang Subuh. Jabal Nur menjadi tempat diturunkannya ayat pertama dalam Alquran. Ada lima ayat yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Lima ayat dalam surat Al Alaq itu turun di Gua Hira, yang terletak di puncak Jabal Nur.
Foto:

Abdullah: "Apakah engkau mengkhawatirkan kemiskinan atas anak-anakku? Sesungguhnya saya memerintahkan mereka membaca Surat al-Waqi'ah setiap malam. Sungguh saya mendengar Rasulullah bersabda: "Barangsiapa membaca Surat al-Waqi'ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh pada kemiskinan."

Prof Sahiron mengatakan atas dasar sabda Rasulullah dalam percakapan dua sahabat tersebut menerangkan bahwa surat Al-Waqiah juga mempunyai keutamaan melapangkan rezeki. Meskipun Al-Waqiah banyak membicarakan tentang Hari Kiamat, namun,  Sahiron menjelaskan, sebagian ayat-ayatnya berbicara tentang kenikmatan dari Allah Swt.

"Coba perhatikan ayat 63 sampai dengan 76, ayat-ayat tersebut membicarakan bahwa Allah itu sumber kenikmatan dan kebahagiaan," ujar Prof Sahiron kepada Republika.

Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliki al-Hasani dalam karyanya Abwab al-Farah sebagaiamana termuat di Republika menyebutkan bahwa keutamaan dari Al-Waqiah adalah menarik rezeki. Dalam riwayat dari Ibnu Mas’ud yang dinukilkan oleh Abu ‘Ubaidah dalam Fadhail, Ibn ad-Dharis, al-Harits bin Abi Usamah, Abu Ya’la, Ibn Mardawaih, dan al-Baihaqi dalam Sya’b al-Iman menyebutkan hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

”Barang siapa yang membaca surah al-Waqiah tiap malam, ia tak akan terjangkit kemiskinan selamanya.”

 

Waktu membaca surah Al-Waqiah.. 

sumber : Pusat Data Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement