Kamis 27 Jun 2024 15:26 WIB

Berapa Harta Warisan yang Ditinggalkan Khalifah Abu Bakar Setelah Wafat?

Saat menjelang wafat, Abu Bakar berwasiat agar uang gajinya dikembalikan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifah pertama Khulafur Rasyidin
Foto:

Dalam Kitab Kisah-Kisah Sahabat yang ditulis Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi diterbitkan Pustaka Ramadhan, dijelaskan, meski Abu Bakar telah menjadi seorang khalifah pemimpin seluruh umat lslam, dia tetap berdagang seperti sebelumnya. Hasil pekerjaan itu, cukup untuk keperluan keluarganya. Hal ini bisa diketahui dari pernyataan dia setelah menjadi khalifah yang diriwayatkan Imam Bukhari.

Diriwayatkan oleh lmam Bukhari dari Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu 'anha, ketika Abu Bakar telah menjadi khalifah, ia berkata, "Kaumku mengetahui bahwa pekerjaanku adalah berdagang. ltu telah mencukupi keluargaku. Tetapi, karena tugas kekhalifahan, aku disibukkan dengan urusan kaum Muslimin, sehingga untuk keperluan keluargaku diambil dari Baitul Mal."

Meski demikian,  menjelang wafatnya, Abu Bakar berwasiat kepada Aisyah agar mengembalikan seluruh uang gaji yang telah dikeluarkan untuk dia dari Baitul Mal, kepada khalifah yang menggantikan dia.

Anas Radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa ketika Abu Bakar meninggal dunia, ia tidak meninggalkan Dirham dan Dinar. la hanya meninggalkan seekor unta perah, sebuah mangkok, dan seorang hamba sahaya.

Dalam riwayat yang lain, Anas berkata, "la telah meninggalkan sehelai selimut dan sehelai kain alas. Barang-barang itu telah diserahkan kepada Umar bin Khattab ketika ia menggantikannya sebagai khalifah."

Umar bin Khattab berkata, "Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat kepada Abu Bakar, ia telah membuat letih orang yang ingin mengikutinya." (dari Kitab Fathul Bari)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement