Selasa 25 Jun 2024 22:31 WIB

Wakil Grand Syekh Al-Azhar Kunjungi MUI, PBNU dan PP Muhammadiyah

Wakil Grand Syekh Al-Azhar mengajak semua pihak menguatkan wasathiyah.

Wakil Grand Syekh al Azhar Syekh Muhammad ad-Duwainy bersama  pengurus MUI Pusat
Foto: MUI
Wakil Grand Syekh al Azhar Syekh Muhammad ad-Duwainy bersama pengurus MUI Pusat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Grand Syekh Al-Azhar Mesir Prof. Dr. Muhammad Ad-Duwainy berkunjung ke Kantor MUI Pusat, PBNU dan PP Muhammadiyah, Senin (24/6). Pertemuan dalam rangka silaturahim dan memperkuat hubungan kerjasama dakwah, pendidikan dan kemanusiaan. Sebelumnya, Wakil GSA menghadiri Syariah International Expo di Jakarta yang diadakan oleh BSI.

Di MUI, Wakil Grand Syaikh bertemu dengan jajaran Pimpinan Pusat MUI dan para Ketua Ormas Islam. Mereka mendiskusikan berkaitan dengan penyebaran wasatiyyat Islam dan pandangan -pandangan terkait isu kemanusiaan global khususnya soal nasib bangsa Palestina.

Baca Juga

Al-Azhar dan MUI sepakat meningkatkan kerjasama dalam bidang dakwah dan pendidikan melalui pendidikan intensif tentang dakwah dan wawasan wasatiyyat Islam dalam ruang lingkup islamic studies bagi para dai dan asatidz serta khotib masjid di Al-Azhar Mesir.

Di PBNU dan Muhammadiyah, Al-Azhar memiliki pandangan yang sama, bahwa wasatiyyat Islam dan metode dakwah yang saat ini harus diperluas adalah dengan pola dakwah yang samhah (bijak) dengan menampilkan keteladanan akhlakul karimah sebagaimana dicontohkan oleh Nabi SAW dan para sahabatnya.

photo
Wakil Grand Syekh al Azhar Syekh Muhammad ad-Duwainy bersama pengurus Muhammadiyah - (PP Muhammadiyah)

Al-Azhar berkomitmen akan mendukung dan memperkuat sumber daya insani khususnya di lembaga-lembaga pesantren dan perguruan tinggi Islam di Indonesia, melalui berbagai skema beasiswa pendidikan dan pelatihan intensif yang berkesinambungan bagi para kader pesantren.

ASFA Foundation yang dipimpin oleh Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin Kambo sebagai host kunjungan Wakil Grand Syaikh Al-Azhar ke MUI, PBNU dan PP Muhammadiyah menyampaikan apresiasi atas terciptanya kolaborasi dan kerjasama yang baik antara ormas, eleman masyarakat di Indonesia dengan Al-Azhar Mesir.

ASFA Foundation berkomitmen mendorong berkembangnya wasatiyyat Islam dan dakwah yang mencerahkan yang berbasis pada nilai-nilai keIslaman di Indonesia.

Ikut mendampingi selama kunjungan; Penasehat Grand Syaikh Al-Azhar urusan Mahasiswa Asing Prof. Dr. Nahla Soidy, Wakil Sekjen Pusat Riset Islam Al-Azhar urusan Dakwah Prof. Dr. Mahmud Sidqi, Wakil Ketua Assalam Fil Alamin (ASFA) KH. Anizar Masyhadi, MA. Pejabat Pensosbud KBRI Kairo Dr. Rahmat Aming Lasim, Atdikbud KBRI Kairo Abdul Mutaali, Ph.D.

photo
Wakil Grand Syekh al Azhar Syekh Muhammad ad-Duwainy bersama PBNU - (PBNU)

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement