Selasa 25 Jun 2024 14:27 WIB

Golongan yang Dijauhkan dari Telaga Rasulullah

Telaga al-Kautsar merupakan karunia yang Allah khususkan kepada Rasulullah SAW.

Siapakah golongan yang dijauhkan dari Telaga Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto:

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim mengatakan, para ulama saling berbeda pendapat tentang orang-orang yang disebut hadis tersebut. Ada yang menyebut, mereka adalah golongan yang munafik dan yang murtad. Mereka kelak akan berkumpul di Telaga Nabi layaknya burung-burung puyuh berkumpul. Kemudian, Rasulullah SAW memanggil mereka dikarenakan melihat sisa-sisa tanda keislaman yang ada pada diri mereka.

Kemudian, Allah menegur Nabi SAW. Dikatakan kepada beliau, “Mereka itu adalah orang yang meninggalkan agama mereka setelah engkau (meninggal)." Atau, "Mereka mati, namun belum kembali berislam lagi.”

Pendapat kedua menyatakan, yang dimaksud dengan golongan dalam hadis tersebut adalah mereka yang hidup pada zaman Nabi Muhammad SAW, kemudian murtad setelah sepeninggal beliau.

Di Hari Kiamat, Nabi SAW memanggil mereka, tetapi tidak ada bekas-bekas wudhu yang terpancar dari mereka, sebagaimana yang beliau kenali semasa dahulu. Kemudian, dikatakan kepada Rasulullah, “Mereka murtad setelah engkau (meninggal)."

Pendapat yang terakhir menyebutkan, yang dimaksud dengan golongan yang terhindar dari Telaga Nabi adalah para pelaku maksiat. Termasuk di dalamnya adalah pembohong-pembohong semasa di dunia. Akibat perbuatannya itu, mereka terhambat.

Hukuman dijatuhkan atas mereka. Kemudian, berkat rahmat Allah SWT, mereka diperkenankan masuk ke dalam surga lantaran keimanannya semasa di dunia.

sumber : Pusat Data Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement