Sabtu 22 Jun 2024 11:00 WIB

Pentingnya Menjaga Konsistensi dalam Beribadah: Jadwal Sholat 22 Juni 2024 di Depok

Sholat merupakan salah satu rukun Islam.

Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK – Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang paling fundamental. Kewajiban ini bukan hanya pelaksanaan ritual semata, tetapi juga bentuk pengabdian dan komunikasi langsung seorang Muslim kepada Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran, “Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar...” (Surah Al-Ankabut: 45).

Bagi umat Muslim, menjaga konsistensi dalam menunaikan sholat sangatlah penting. Tidak hanya sebagai kewajiban, tetapi juga cara untuk menjaga hubungan dengan Sang Pencipta dan meraih ketenangan batin. Untuk membantu Anda dalam menjaga konsistensi tersebut, berikut kami sampaikan jadwal sholat untuk hari ini, 22 Juni 2024, di Kota Depok:

- Shubuh: 04:41 WIB

- Dhuhur: 11:58 WIB

- Ashar: 15:20 WIB

- Maghrib: 17:50 WIB

- Isya: 19:04 WIB

Menjalankan sholat di waktu yang telah ditentukan tidak hanya merupakan bentuk ketaatan, tetapi juga menunjukkan disiplin dan ketertiban seorang Muslim. Dalam kitab "Fiqh as-Sunnah", Sayyid Sabiq menjelaskan bahwa sholat adalah 'mi'raj' bagi orang yang beriman, cara untuk naik dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengacu pada jadwal di atas, penting bagi kita untuk memahami bahwa waktu sholat telah diatur sedemikian rupa untuk memberikan ruang bagi setiap aktivitas kehidupan. Dari mulai pagi hari dengan sholat Shubuh sebagai pembuka, hingga Isya sebagai penutup malam.

Bagi masyarakat Depok dan sekitarnya, memanfaatkan teknologi seperti aplikasi penunjuk waktu sholat atau pengingat di ponsel Anda bisa menjadi cara yang efektif untuk tetap tepat waktu. Selain itu, dengan adanya berbagai program kajian dan dakwah, komunitas Muslim di Depok diharapkan dapat terus menjaga semangat kebersamaan dalam menjalankan ibadah.

Mari kita semua berusaha untuk meningkatkan kualitas sholat kita, bukan hanya dari segi pelaksanaan, tetapi juga dari niat dan pemahaman yang menyertainya. Sebab, sholat bukan hanya tentang rukun dan gerakan, tetapi juga tentang penghayatan dan pendekatan hati kepada Allah SWT.

Dengan demikian, kaitan antara kewajiban spiritual dan aspek keseharian semakin jelas terjalin. Semoga umat Muslim di seluruh dunia, khususnya di Depok, selalu diberi kekuatan untuk menjaga kewajiban sholat ini dengan sebaik-baiknya. Amin.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi.*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement