Jumat 14 Jun 2024 17:00 WIB

Menjaga Sholat Tepat Waktu: Jadwal Sholat Hari Ini di Bandung, 14 Juni 2024

Menjalankan sholat tepat waktu adalah bukti iman dan kepatuhan.

Melaksanakan sholat. (ilustrasi)
Foto: Republika.
Melaksanakan sholat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Sholat merupakan salah satu pilar dalam agama Islam yang menuntut konsistensi dan kepatuhan dari setiap umat. Ibadah yang dilakukan lima kali sehari ini tidak semata-mata sebagai rukun iman, tetapi juga sebagai momen refleksi dan komunikasi langsung dengan Sang Pencipta. Menjalankan sholat tepat waktu adalah bukti iman dan kepatuhan, serta menandakan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, dalam surah al-Baqarah ayat 238:

"Peliharalah semua shalat dan shalat wustha, dan berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuk."

(Ali, 1994: 142).

 

Mengamalkan sholat dengan penuh khusyuk dan tepat waktu tidak hanya memberikan pahala, tetapi juga berdampak besar pada kehidupan sehari-hari. Sholat menjadi sarana penyucian hati dan jiwa yang tiada tandingannya, membantu kita untuk tetap tenang di tengah hiruk-pikuk kehidupan.

Berikut adalah jadwal sholat hari ini, tanggal 14 Juni 2024, untuk kota Bandung (Zona waktu WIB):

- Shubuh: 04:36

- Dhuhur: 11:53

- Ashar: 15:14

- Maghrib: 17:45

- Isya: 18:59

Menjaga sholat tepat waktu adalah bentuk disiplin diri yang mampu mengatur ritme kehidupan kita. Dari sinilah kebersihan hati dan ketenangan pikiran dapat diperoleh.

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi menjelaskan pentingnya sholat tepat waktu dengan menyebutkan hadith dari Abdullah bin Mas'ud r.a. bahwa ia bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, "Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah?" Nabi menjawab, "Sholat pada waktunya." Abdullah bertanya lagi, "Kemudian apa?" Nabi menjawab, "Berbakti kepada orang tua." Abdullah bertanya lagi, "Kemudian apa?" Nabi menjawab, "Jihad di jalan Allah." (Hadits Bukhari, nomor 504).

Kesadaran untuk menunaikan sholat tepat waktu mencerminkan keseriusan dalam beribadah. Ini juga menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat sekitar untuk sama-sama menata hidup dengan disiplin spiritual. Mengingatkan satu sama lain tentang pentingnya menjaga sholat pada waktunya menjadi bagian dari dakwah yang sangat berharga.

Bagi umat Islam di Bandung, mari bersama-sama tingkatkan keimanan dengan menjaga sholat tepat waktu sesuai jadwal yang ada. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang diridhai Allah SWT.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement