Jumat 14 Jun 2024 14:01 WIB

MTA Bakal Gelar Sholat Id Lebih Awal di 16 Juni Mendatang

Sholat idul adha akan digelar di lapangan Parkir Stadion Manahan Solo.

Rep: Noor Alfian/ Red: Muhammad Hafil
Sholat Idul Adha (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sholat Idul Adha (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) bakal menggelar salat Idul Adha pada Ahad (16/6/2024).

Ketua Panitia Sholat Idul Adha MTA, Suprapto mengatakan sholat idul adha akan digelar di lapangan Parkir Stadion Manahan Solo. Ia mengatakan penetapan sholat id yang lebih awal dari pemerintah itu lantaran mengikuti penetapan 1 Dzulhijjah di Arab Saudi.

Baca Juga

"Ketika setelah puasa Arafah kita menjalankan Id Adha (idul adha) jadi ini bukan pembeda, bukan. Dari dulu MTA sudah 52 tahun seperti ini. (Mengikuti Arab Saudi) Betul, Iya ada wukuf disunahkan puasa Arafah. Nggih, betul (salat Id hari Ahad)," kata Suprapto saat dihubungi awak media, Jumat (14/6/2024).

Pihaknya menegaskan perbedaan tersebut bukanlah masalah pilihan. Pasalnya hal itu berpedoman pada jamaah haji yang telah wukuf di Arafah maka akan dilaksanakan puasa Arafah.

 

"Jadi bukan masalah pilihan, artinya kita sudah biasa ketika nanti ada wukuf di Arafah hari Sabtu, dan dilaksanakan hari Sabtu jadi kita puasa Arafah. Lha besoknya (Ahad) setelah kita puasa Arafah maka kita Id Adha (Idul Adha)," katanya.

Suprapto mengatakan sholat Idul Adha akan id akan dilangsungkan pukul 06.00 WIB dan diimami oleh pimpinan MTA Ustad Nur Kholid Saifullah. Ia memperkirakan akan ada puluhan ribu jamaah di sholat id tersebut.

"Seperti biasanya nanti untuk jamaah MTA yang terdekat, Solo, Sragen, Karanganyar. itu bisa merapat ke Manahan. Kalau orientasi kami berdasarkan ketersedian tempat 25-30 ribu masih nyaman," katanya.

Pihaknya juga mengatakan telah mendapat izin dari pemerintah kota Solo untuk melangsungkan shalat id di lapangan parkir stadion Manahan Solo tersebut.

"Sudah dapat izin dari Pemkot melalui Dispora di lapangan Parkir Manahan," katanya mengakhiri.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement