Kamis 13 Jun 2024 14:00 WIB

Jamaah Haji Ketahui Perbedaan Haji Qiran, Ifrad dan Tamattu

Inti dari perbedaan ketiga jenis haji ini adalah pada pelaksanaan ibadah umroh.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah calon haji Indonesia yang baru tiba dari Madinah menunggu sesaat di pelataran Masjid al-Haram sebelum melakukan umrah sebagai bagian dari plaksanaan haji tamattu
Foto: M Nashih Nasrulloh/Republika
Jamaah calon haji Indonesia yang baru tiba dari Madinah menunggu sesaat di pelataran Masjid al-Haram sebelum melakukan umrah sebagai bagian dari plaksanaan haji tamattu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada haji Qiran, Ifrad dan Tamattu. Inti dari perbedaan antara ketiga jenis haji ini adalah pada pelaksanaan ibadah umroh terkait dengan ibadah haji. Ada yang satu ibadah diniatkan umroh dan haji sekaligus, namanya Qiran. Ada yang hanya diniatan ibadah haji saja tanpa umroh disebut Ifrad. Ada yang dikerjakan sendiri-sendiri, umroh dulu lalu tinggal di Makkah, kemudian pada waktunya baru mengerjakan haji.

Tiga jenis haji yakni Qiran, Ifrad dan Tamattu, dijelaskan KH Ahmad Sarwat Lc pada laman Rumah Fiqih.

Baca Juga

1. Haji Qiran

Haji Qiran adalah haji yang dilakukan seseorang di mana ketika berihram dengan umroh pada bulan-bulan haji, kemudian memasukkan haji ke dalamnya sebelum tawaf.

 

Maka seseorang dikatakan melaksanakan haji dengan cara Qiran adalah manakala dia melakukan ibadah haji dan umroh digabung dalam satu niat dan gerakan secara bersamaan, sejak mulai dari berihram.

Dengan kata lain, ketika memulai dari miqat dan berniat untuk berihram, niatnya adalah niat berhaji dan sekaligus juga niat berumroh. Kedua ibadah yang berbeda, yaitu haji dan umroh, digabung dalam satu praktik amal. Dalam peribahasa kita sering diungkapkan dengan ungkapan, sambil menyelam minum air.

2. Haji Ifrad

Dari segi bahasa, kata Ifrad adalah bentuk mashdar dari akar kata afrada yang bermakna menjadikan sesuatu itu sendirian, atau memisahkan sesuatu yang bergabung menjadi sendiri-sendiri.

Ifrad ini secara bahasa adalah lawan dari dari Qiran yang berarti menggabungkan. Dalam istilah ibadah haji, Ifrad berarti memisahkan antara ritual ibadah haji dari ibadah umroh. Sehingga ibadah haji yang dikerjakan tidak ada tercampur atau bersamaan dengan ibadah umroh.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement