Rabu 12 Jun 2024 04:39 WIB

Agar Terhindar dari Sifat Munafik

Setiap Mukmin hendaknya menyadari bahaya sifat munafik.

Munafik/ilustrasi
Foto: top-10-list.org
Munafik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mereka yang tidak mampu menyelaraskan antara apa-apa yang diucapkan dengan yang dilakukannya sendiri merupakan golongan munafik. Penamaan itu berasal dari bahasa Arab, munaafiq, yang akarnya adalah nafiq. Artinya, ‘berpura-pura.’ Sejak zaman Nabi Muhammad SAW, kaum munafik tidak sungguh-sungguh percaya atau setia kepada ajaran Islam. Dalam hatinya, justru ada kebencian terhadap Alquran dan Sunnah.

Maka dari itu, seorang Mukmin hendaknya menyadari bahaya sifat munafik. Rasulullah SAW telah menunjukkan ciri-ciri pengidap karakteristik buruk tersebut. “Jika berbicara, selalu berdusta. Jika berjanji, selalu ingkar. Jika dipercaya, selalu berkhianat.”

Baca Juga

Kejujuran

Dalam Al-Musnad, terdapat sebuah hadis Rasulullah SAW, “Sebuah pengkhianatan yang besar jika kamu berbicara dengan saudaramu (sesama Mukmin) dan ia percaya kepadamu (bahwa kamu tidak akan berdusta), sedangkan kamu justru berbohong kepadanya.” Dusta dalam perkataan bukanlah sesuatu yang remeh.

Abdullah bin Amir pernah bercerita, “Suatu ketika, Rasul SAW berkunjung ke rumah kami. Ketika itu aku masih kecil. Saat aku hendak keluar rumah untuk bermain, ibuku memanggilku, ‘Abdullah! sini ibu punya sesuatu untukmu.’ Mendengar itu, beliau bertanya, ‘Apa yang akan kamu berikan untuk anakmu?’ ‘Akan kuberi kurma,’ jawab ibuku. Lalu, Nabi SAW bersabda, ‘Jika tidak memberikan apa-apa kepada anakmu, kamu dicatat telah berbuat dusta.’”

Tunai Janji

Orang Mukmin harus berhati-hati dalam berjanji. Sebab, janji tersebut mesti ditepati. Karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya agar mengucapkan “insya Allah” jika hendak berjanji atau memberikan harapan.

Betapa banyak calon pemimpin yang menyampaikan janji-janji pada masa kampanye demi mendulang suara. Setelah mereka mendapatkan jabatan yang diidam-idamkan, realisasi janji itu jauh panggang dari api. Nasib rakyat pun dikhianati. Bahkan, yang lebih merisaukan adalah perilaku korupsi yang beriringan dengan ingkar itu.

Amanah

Sifat ini berarti mewujudkan kepercayaan (trust). Contoh sederhana, seorang Muslim membalas kepercayaan saudaranya dengan menjaga barang yang dititipkan kepadanya. Rasulullah SAW bersabda, “Tunaikanlah amanah kepada orang yang mempercayaimu dan janganlah engkau mengkhianati orang yang mengkhianatimu.”

Amanah juga dapat berupa jabatan. Abu Dzar berkata, “Wahai Rasulullah, tidakkah engkau menjadikanku (seorang pemimpin)?’ Beliau lalu menepuk bahuku dan bersabda, ‘Wahai Abu Dzar, sungguh engkau lemah, dan sungguh hal ini (jabatan) adalah amanah. Ia merupakan kehinaan dan penyesalan pada hari kiamat, kecuali bagi orang yang mengambilnya dengan hak dan menunaikannya (dengan sebaik-baiknya)’” (HR Muslim).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement