Rabu 05 Jun 2024 09:37 WIB

LazisMu-BPKH Hadirkan Masjid Penebar Manfaat Sosial

Kolaborasi LazisMu dan BPKH kali ini menyasar sejumlah masjid di Sumatra Utara.

Kolaborasi LazisMu dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI kali ini menyasar Sumatra Utara.
Foto: dok muhammadiyah
Kolaborasi LazisMu dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI kali ini menyasar Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga amil zakat, infak, dan sedekah Muhammadiyah (LazisMu) kembali bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI untuk menyalurkan bantuan kepada masjid-masjid. Menurut Ketua Badan Pengurus LazisMu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Imam Mujadid Rais, kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung fungsi masjid dalam meningkatkan taraf kehidupan sosial masyarakat setempat.

Kali ini, kolaborasi LazisMu-BPKH menyasar sejumlah tempat ibadah Islam di Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Di antaranya adalah Mushola Meunasah Darul Huda Medan Timur, Mushola Aceh Sepakat Medan Sunggal, serta Masjid As-Sa’diah di Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga

Imam Mujadid Rais mengapresiasi LazisMu Wilayah Sumut dan LazisMu Kota Medan. Menurutnya, kedua cabang tersebut telah bekerja keras untuk menyukseskan program BPKH di wilayah masing-masing.

“Diharapkan ke depannya, akan semakin banyak bantuan BPKH dalam bidang sosial, dakwah, kesehatan, dan ekonomi yang dapat digulirkan di Sumatra Utara,” ujar Imam dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Rabu (5/6/2024).

 

Staf Ahli Kepala BPKH Indonesia Zulhendra menyampaikan terima kasih kepada pihak LazisMu yang menjadi kepanjangan aksi kebaikan. Menurut dia, kerja sama ini berdampak positif bagi kedua belah pihak. Terlebih lagi, BPKH sendiri tidak memiliki jaringan sampai ke masyarakat daerah-daerah. Karena itu, pihaknya merasa perlu menjalin kolaborasi dengan LazisMu untuk menebar manfaat sampai ke tengah umat.

“Alhamdulillah, kerja sama itu berlangsung dengan baik dan amanah,” ucap Zulhendra.

Apresiasi atas program kolaboratif ini juga disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumut, M Basir Hasibuan. Ia mengatakan, jaringan yang dimiliki Persyarikatan Muhammadiyah siap menebar manfaat dan kolaborasi.

Selain itu, bantuan yang diberikan ke masjid-masjid ini juga untuk mendukung perlengkapan sarana fasilitas umum, termasuk di kawasan wisata Danau Toba. Diharapkan setelah mendapatkan manfaat ini, masjid-masjid akan bisa maksimal dimanfaatkan untuk kepentingan jamaah.

Sebelumnya, masih di Sumatra Utara, BPKH dengan LazisMu telah menyalurkan bantuan, yakni berupa mobil ambulans. Unit ini diharapkan dapat mempermudah transportasi para warga setempat ketika mengalami masalah kesehatan atau kedaruratan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement