Rabu 05 Jun 2024 06:17 WIB
MUHYIDDIN Jurnalis Republika di Makkah, Arab Saudi

Sabilillah, Tradisi Orang Arab Bersedekah: Halal Halal Halal...

Seorang pria yang berpakian khas Arab bersama para pegawainya tampak membagikan melon

Orang Arab bersedekah buah melon untuk jamaah haji di depan Kantor Daker Makkah. Tradisi ini dikenal dengan Sabilillah, yang berarti Jalan Allah.
Foto: Republika/Muhyiddin
Orang Arab bersedekah buah melon untuk jamaah haji di depan Kantor Daker Makkah. Tradisi ini dikenal dengan Sabilillah, yang berarti Jalan Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Saat musim haji tiba, orang-orang Arab kerap bersedekah kepada jamaah haji dari berbagai dunia, termasuk jamaah haji Indonesia. Mereka datang ke pusat keramaian untuk menyedahkan makanan maupun buah-buahan.   

Pada Selasa (4/6/2024) pagi sekitar pukul 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), suasana di depan Kantor Daker Makkah tampak berbeda dari biasanya. Puluhan jamaah haji dan petugas Indonesia berkerumun mendekati sebuah mobil pick up yang membawa buah melon segar. 

Baca Juga

Seorang pria yang berpakian khas Arab bersama para pegawainya tampak membagikan buah melon. Bosnya tampak mengenakan keffiyeh bercorak merah putih di kepalanya sembari memegang gelas plastik. Sementara, pegawainya terus berucap, "halal..halal...halal..". Artinya, jamaah haji Indonesia yang ada di situ gratis untuk mengambil buah melon itu. 

Aksi dermawan tersebut membuat  banyak jamaah yang mengambil buah segar itu. Ada yang mengambil satu buah, dua buah, dan bahkan tiga buah. Seperti salah satu jamaah haji asal Sumatra Barat, Abdul Kholiq Nur, ia mengambil dua buah melon untuk dimakan bersama teman-temab sekamarnya. "Gratis ini. Senang dapat dua melon. Mau dibawa ke kamar untuk makan bareng-bareng," ujar Kholiq. 

Seorang jamaah perempuan yang mendapatkan buah melon gratis  juga tampak senyum-senyum bahagia. Ia pun segera membawa melon itu ke kamar hotelnya untuk dimakan bersama teman-temannya."Senang sekali buat dimakan bareng," ucapnya sembari memnawa buah melon dengan kedua tangannya. 

Tidak hanya jamaah haji, salah satu petugas haji Indonesia, Kafi juga sangat senang sekali mendapatkan buah melon segar. Ia mengapresiasi orang-orang Arab yang suka bersedekah kepada para tamu Allah."Sangat tinggi kepedulian mereka, karena buat mereka jamaah itu duyufurrahman," ucap Kafi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement