Rabu 29 May 2024 22:23 WIB

Hari Lansia, Perempuan ICMI: Peduli Lansia Jangan Hanya Seremonial

Lansia secara pengalaman turut berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Komunitas Lansia.
Foto: Dok.Republika
Komunitas Lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, Perempuan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Perempuan ICMI), mengingatkan kepada semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat agar merawat warga negara kalangan lanjut usia (Lansia).

Perhatian tersebut jangan hanya bersifat seremonial atau sebatas formalitas semata, namun harus sungguh-sungguh sebagai ibadah dan balas budi kepada mereka yang sudah lebih dulu memberikan kontribusi bagi negara ini.

Baca Juga

"Kita jangan hanya terjebak dalam seremonial Hari Lansia dengan mengadakan even-even khusus Hari Lansia, namun setelahnya mereka ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Merawat Lansia itu kewajiban balas budi serta bentuk ibadah menghormati yang lebih tua jika dalam perspektif agama Islam," kata Ketua Dewan Pengurus Pusat Perempuan ICMI Welya Safitri Msi dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (29/5/2024).

Welya juga mengingatkan keberadaan Komisi Nasional Lanjut Usia (Komnas Lansia) seharusnya tidak dibubarkan melainkan direvitalisasi secara sumber daya manusia (SDM) maupun peningkatan anggaran agar dapat lebih produktif dalam bekerja.

 

"Jika tanggung jawab Komnas Lansia dilebur dalam sebuah kementerian, maka akan mengurangi fokus kerjanya bahkan cenderung hanya sebuah seremonial tahunan saja dengan kegiatan-kegiatan tertentu. Sementara, para Lansia itu kan masih harus menjalani kehidupan hingga akhir hayatnya dan itu yang harus mendapat perhatian," kata Welya.

Perempuan yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial itu juga menjelaskan, wujud tanggung jawab pemerintah kepada lansia bukan hanya sekedar memberi jaminan kesejahteraan hidup, namun juga menghadirkan rasa bahwa mereka adalah bagian dari warga negara senior yang secara pengalaman turut berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

"Para lansia itu adalah orang tua kita, mereka sudah lebih dulu berjasa kepada bangsa ini dengan merawat dan memberikan putra-putri bangsa yang hari ini berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara, jangan lupakan itu," kata Welya.

Ia juga mengingatkan, bahwa sudah ada berbagai peraturan perundang-undangan serta dasar hukum internasional yang menjamin hak-hak lansia.

"Setiap warga negara yang berusia lanjut, cacat fisik, dan atau cacat mental berhak memperoleh perawatan, pendidikan, pelatihan, dan bantuan khusus atas biaya negara, untuk menjamin kehidupan yang layak sesuai dengan martabat kemanusiaannya, meningkatkan rasa percaya diri, dan kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Welya mengutip Pasal 42 UU 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Karena itu, dirinya mengharapkan pemerintah mendatang mempertimbangkan agar Komnas Lansia ini bisa kembali dihadirkan.

ICMI akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia. ICMI yang berlandaskan keislaman dan keindonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement