Ahad 14 Apr 2024 10:23 WIB

Seruan Sholat di Masjid Al Aqsa Disambut Serius, Adang Ritual Sapi Merah pada Idul Fitri?

Yahudi ekstremis berencana sembelih sapi merah di Idul Fitri

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina menghadiri perayaan hari raya Idul Fitri di dekat kuil Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Rabu, (10/4/2024).
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Warga Palestina menghadiri perayaan hari raya Idul Fitri di dekat kuil Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Rabu, (10/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Puluhan ribu warga Palestina melaksanakan sholat Jumat pada 12 April kemarin di dalam Masjid Al Aqsa. Jumat tersebut merupakan hari ketiga Idul Fitri.

Warga Palestina berupaya menembus rintangan dan tindakan tegas dari pihak Israel di Kota Tua dan Yerusalem yang diduduki, untuk bisa melaksanakan sholat di dalam Masjid Al Aqsa.

Baca Juga

Pusat Informasi Palestina melaporkan bahwa pada Jumat (12/4/2024) lalu, ada sekitar 30 ribu jamaah yang dapat melaksanakan sholat Jumat di Masjid Al Aqsa. Mereka berhasil melewati penghalang militer Israel dan pembatasan yang diberlakukan di masjid yang diberkahi itu.

Gerbang Masjid Al Aqsa menjadi saksi masuknya jamaah sejak Jumat pagi, khususnya melalui Gerbang Al Asbath dan Gerbang Al 'Amud. Namun, pasukan Israel juga menangkap para pemuda dan memeriksa identitas mereka, sebagai bagian dari pembatasan mereka terhadap warga Palestina.

Adapun pada momentum Hari Raya Idul Fitri, ada lebih dari 60 ribu jamaah yang melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Al Aqsa pada Rabu (10/4/2024) lalu. 

Namun setelah sholat Id, mereka menghadapi serangan pasukan Israel yang menyerang sejumlah jamaah saat mereka meninggalkan masjid.

Kerumunan jamaah tersebut datang menanggapi seruan gerakan pemuda Palestina untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Al Aqsa, dan tetap melanjutkan ibadah di sana pada hari-hari berikutnya setelah Idul Fitri.

Seruan tersebut menekankan perlunya kehadiran warga Palestina secara permanen di Masjid Al Aqsa mengingat rencana orang-orang Yahudi yang bertujuan untuk menyembelih Sapi Merah pada 10 April 2024. Juga bermaksud menodai Masjid Al-Aqsa dan memaksakan pembongkaran Masjid Al-Aqsa dan pembangunan Kuil Ketiga.

Dilansir laman  alquds, patut dicatat bahwa tanggal yang tercatat dalam kitab suci agama kelompok ini untuk menyembelih sapi merah dan menyucikan diri dengan abunya adalah hari kedua bulan Ibrani Nisan, yang tahun ini jatuh pada 10 April 2024 mendatang. Ini diperkirakan akan berbarengan dengan hari Idul Fitri.

Kelompok ekstremis Kuil mengandalkan fakta bahwa mengadakan ritual penyucian dengan Sapi Merah dapat membuka jalan bagi ratusan ribu umat Yahudi yang religius untuk menyerbu Masjid Al-Aqsa. 

Jika hal ini terjadi...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement