Sabtu 30 Mar 2024 18:45 WIB

166 Pelajar Madrasah Aceh Besar Lulus Kuliah Jalur Prestasi Nasional

Lulusan madrasah meneruskan pendidikannya ke universitas terkemuka.

Siswa madrasah belajar di sekolah.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Siswa madrasah belajar di sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak 166 pelajar Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Aceh Besar Aceh lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, diterima di berbagai kampus di Indonesia.

"Jumlah siswa yang diterima lewat jalur prestasi meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya 106 orang," kata Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar Saifuddin di Aceh Besar, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Dia menjelaskan, angka kelulusan itu diketahui berdasarkan pengumuman yang dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui situs SNBP mulai 26 Maret 2024.

Para siswa itu diterima di berbagai kampus di Indonesia.

Dirinya sangat bersyukur terhadap prestasi yang dihasilkan madrasah di Aceh Besar tersebut,  apalagi jumlahnya tahun ini begitu besar.

Saifuddin menjelaskan, SNBP merupakan salah satu jalur tes masuk perguruan tinggi negeri yang dapat diikuti para siswa madrasah sederajat di seluruh Indonesia.

Proses seleksi ini menjaring para siswa-siswi berprestasi di seluruh Indonesia, dan yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan perkuliahan di kampus ternama.

"Maka, hasil ini menjadi kebanggaan bagi Kemenag Aceh Besar karena siswa dan siswi terbaik madrasah di wilayah mampu bersaing dalam seleksi nasional," katanya.

Dia berharap kelulusan siswa tersebut menjadi pemicu semangat bagi pelajar lainnya agar juga lulus lewat jalur prestasi di tahun berikutnya.

Kelulusan 166 siswa itu juga bagian dari prestasi siswa di madrasah Aceh Besar dalam melanjutkan pendidikan di tingkat universitas.

"Ini adalah awal, selamat menempuh pendidikan dan bisa selesai tepat waktu. Bagi yang belum rezeki untuk tetap semangat mengikuti lewat jalur lain," demikian Saifuddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement