Ahad 24 Mar 2024 05:59 WIB

Dulu Berpikir Islam Sarang Teroris Juga Biang Poligami, Armina Kini Bersyahadat dan Mualaf

Mualaf Armina tertarik dengan akhlak Muslim yang baik

Rep: Rahmat Fajar / Red: Nashih Nashrullah
Mualaf asal Filipina (Jilbab Biru), Armina Kristine Vicente, mengisahkan awal perkenalannya dengan Islam.
Foto: Tangkapan Layar
Mualaf asal Filipina (Jilbab Biru), Armina Kristine Vicente, mengisahkan awal perkenalannya dengan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Armina Kristine Vicente adalah seorang mualaf asal Filipina. Ia lahir dari seorang ibu Katolik dan ayah protestan. Di masa kecilnya, Armina mengetahui Islam dari Muslim di kampungnya yang merupakan minoritas. Namun Armina tak mempunyai tempat kepada siapa harus bertanya tentang Islam.

Perkenalannya dengan seorang laki-laki asal Indonesia saat kuliah yang saat ini menjadi suaminya menjadi awal Armina mengenal Islam yang ramah dan baik karena di Filipina, Islam digambarkan sebagai agama teroris atau laki-lakinya banyak mempunyai istri. 

Baca Juga

Framing Islam yang dekat dengan terorisme dan poligami membuat dalam pikirannya tertanam tentang wajah Islam yang negatif.

Namun suaminya yang mengenalkan Islam yang ramah dan baik kepada Armina. Meskipun sempat terkejut karena awal perkenalannya belum mengetahui bahwa suaminya beragama Islam. Sikap baik yang ditunjukkan suaminya mengubah pandangannya tentang Islam yang dekat dengan terorisme.

"Di pikiran saya sudah negatif teroris banyak istri. Saya gak mau. Tapi ternyata orangnya baik. Mungkin Muslim Filipina dan Indonesia beda," ungkap Armina dalam Webinar "Inspirasi Taqorrub-Ilallah Lewat Kisah Perjalanan-Spiritual Para Tokoh: Edisi Muslimah/Muallaf Asal Filipina Universitas Paramadina, Jumat (22/3/2024).

Kepindahan Armina memeluk agama Islam juga tak lepas dari sikap terbuka keluarganya. Menurut Armina keluarganya tak melarang untuk berpindah agama. Sehingga Armina pun pindah ke agama Islam saat menikah dan tinggal di Indonesia sejak tahun 2000.

Armina tak menampik pada awal masuk Islam merasakan perasaan terbebani melaksanakan ibadah. Karena dalam Islam wajib melaksanakan shalat lima waktu dan ibadah puasa. Tetapi lambat laut ia mulai nyaman dengan aktivitas beribadah di dalam agam Islam.

"Tapi lama-lama ternyata cocok. Lama-lama Islam lebih baik dari agama-agama sebelummya yang saya ikuti. Lebih masuk hati, lebih logis," kata Armina.

Armina menceritakan bagaimana kesabaran suaminya mengenalkan Islam. Armina mengaku tidak mengetahui bahwa kalimat syahadat yang diminta untuk diucapkan oleh suaminya adalah baiat masuk Islam. Hal tersebut terjadi pada awal pendekatan.

Setelah itu, suami Armina mengajarkan shalat. Dan ketika menikah, mertua Armina menerimanya dengan baik. Bahkan Armina masih menyimpan mukena pemberian mertuanya. Ketika itu, Armina hanya mengikuti gerakan sholat suami dan mertuanya ketika mengajarkan sholat.

Armina juga mengaku kesulitan membaca bahasa Arab di awal belajar shalat sehingga Armina harus mencontek bacaan yang telah dipersiapkan selama melaksanakan shalat. 

Kini Armina yang tinggal di Jakarta kian nyaman dengan agama Islam. Ibu dengan empat orang anak ini terus belajar Islam selain aktivitas pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga dan feelance.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement