Senin 18 Mar 2024 03:10 WIB

Kisah Mualaf Dian Sastro dan Surat Pertama yang Dihafal

Dian Sastrowardoyo memeluk agama Islam dan menjadi mualaf di usia 21 tahun.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Dian Sastrowardoyo
Foto:

Bagi Dian, berbagai pertanyaan logika ini perlu dijawab. Namun, dia juga menyadari, pada akhirnya perjalanan spiritual ini tidak akan terus-menerus dengan logika. Saat itulah, Dia memutuskan untuk terus belajar dengan sang ustadz.

Namun, ustadz tersebut tidak langsung menyetujui. Ia terlebih dulu melontarkan pertanyaan apakah Dian mau sholat wajib lima waktu. Jawaban Dian atas pertanyaan ini menentukan apakah ustadz itu setuju atau tidak dalam mengajarkan Dian tentang Islam.

"Karena sekarang sudah tahu buat apa, saya mau deh," kata Dian kepada ustadz kala itu.

Keesokan harinya, Dian pun belajar Islam. Surat pertama yang dipelajarinya adalah Al Fatihah. Dia belajar menghafal bacaan Al Fatihah meski diakuinya bahasa Arab susah dihafal.

"Di umur 21 tahun, gue menghafal bahasa Arab. Tapi yang membantu gue menghafal adalah gue harus menghafal artinya. Jadi gue harus hafal artinya. (Sehingga) ketika melafalkan Arabnya gue bisa menjiwai artinya, karena kalau gak maka gue akan sulit menjiwai ibadah gue," kata Dian.

Bagi Dian, saat membaca Alquran maka penting mengerti maknanya sehingga tidak sekadar diucapkan di lisan.

"Gue kan aktor, gue harus menghafal script kan harus pakai perasaannya gitu kan, jadi gak mungkin banget gue ibaratnya (hanya) di mulut. Itulah yang membantu gue mendalami. Akhirnya di situlah, di usia 21 tahun (Dian mualaf)," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement