Rabu 13 Mar 2024 16:45 WIB

Pesan Terakhir Almarhum Habib Hasan Bin Jafar Assegaf kepada Saudaranya

Habib Hasan bin Jafar Assegaf meninggal dunia hari ini.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf saudara almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf di kompleks Masjid Nurul Musthofa, Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/3/2024).
Foto: Republiika/Fuji E Permana
Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf saudara almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf di kompleks Masjid Nurul Musthofa, Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemimpin Majelis Nurul Mustofa, Habib Hasan bin Ja'far Assegaf wafat di usia 47 tahun. Sebelum almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf wafat, beliau berpesan kepada saudara kandungnya Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf.

Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf memohon kepada umat agar memaafkan dan mendoakan almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf. Siapapun yang mencintai almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf, mohon doakan dan bacakan Al Fatihah untuk beliau. Insya Allah, meninggalnya seorang alim akan tumbuh lagi orang-orang alim lainnya.

Baca Juga

"Di malam Selasa (kemarin), saya ngobrol panjang bersama beliau (Almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf), beliau menitipkan kepada saya Majelis Taklim Nurul Mustofa, saya sebenarnya tidak ada firasat (beliau akan wafat) tapi beliau titip dan jaga Majelis Nurul Mustofa, bahkan beliau minta maaf dulu," kata Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf kepada wartawan di kompleks Masjid Nurul Musthofa, Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/3/2024). 

Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf mengatakan, almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf juga meminta maaf karena ini di bulan puasa Ramadhan. Almarhum juga menitipkan anak-anak dan Majelis Nurul Mustofa yang diharapkan semakin berkembang.

Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf mengatakan, kemarin Selasa masih buka puasa bersama almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf, hari Rabu dipanggil Allah SWT.

Sebelumnya, di tempat yang sama, calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan takziah ke tempat almarhum Habib Hasan bin Ja'far Assegaf akan dimakamkan di kompleks Masjid Nurul Musthofa, Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (13/3/2024). 

Anies mengatakan, Habib Hasan tidak sakit sebelum wafat. Setelah beliau selesai menunaikan sholat Duha, sedang dalam keadaan puasa, dan pagi harinya menghatamkan Alquran bersama dengan murid-muridnya, kemudian beliau berpulang (wafat) begitu tenang.

Anies mengatakan, murid-murid Habib Hasan jutaan, anak-anaknya baik, amal jariyah beliau tidak terbatas, insya Allah.

"Amal jariyah (beliau) itu akan mengirimkan pahala terus menerus kepada almarhum yang keteladanannya menjadi teladan bagi kita semua," ujar Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement