Rabu 06 Mar 2024 22:19 WIB

Hamas akan Terus Bernegosiasi untuk Gencatan Senjata Selama Ramadhan

Belum terjadi kesepakatan genjatan senjata di Gaza

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina mengantre untuk mendapatkan makanan gratis di Rafah, Jalur Gaza, Jumat, 16 Februari 2024. Badan bantuan internasional mengatakan Gaza menderita kekurangan makanan, obat-obatan, dan pasokan pokok lainnya akibat perang antara Israel dan Hamas.
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Warga Palestina mengantre untuk mendapatkan makanan gratis di Rafah, Jalur Gaza, Jumat, 16 Februari 2024. Badan bantuan internasional mengatakan Gaza menderita kekurangan makanan, obat-obatan, dan pasokan pokok lainnya akibat perang antara Israel dan Hamas.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO —  Hamas mengatakan pada Rabu (6/3/2024), bahwa mereka akan terus bekerja untuk mencapai gencatan senjata di Gaza dengan Israel meskipun tidak ada negosiator Israel dari putaran pembicaraan terakhir di Kairo.

 

Baca Juga

"Kami menunjukkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mencapai penghentian agresi yang komprehensif terhadap orang-orang kami, tetapi pendudukan masih menghindari hak-hak perjanjian ini," kata Hamas dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Arab News, Rabu (6/3/2024).

Negosiator dari Hamas, Qatar dan Mesir tetapi bukan Israel berada di Kairo mencoba untuk mengamankan gencatan senjata 40 hari selama bulan puasa bagi umat Muslim. Ramadhan rencananya akan dimulai awal minggu depan.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan, pada Selasa bahwa keputusan gencatan senjata itu ada di tangan Hamas apakah akan menerima kesepakatan dengan imbalan pembebasan sandera Israel, ketika delegasi mengadakan pembicaraan hari ketiga tanpa tanda-tanda terobosan.

Kesepakatan yang diajukan kepada Hamas akan membebaskan beberapa sandera yang ditangkap oleh militan Palestina pada 7 Oktober di Israel yang memicu perang, sementara bantuan ke Gaza akan ditingkatkan untuk mencoba mencegah kelaparan karena rumah sakit merawat anak-anak yang kekurangan gizi akut, dan Hamas akan memberikan daftar semua sandera yang ditahan di Gaza. 

Amerika Serikat pada Selasa merevisi bahasa dalam rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk mendukung "gencatan senjata segera kira-kira enam minggu di Gaza bersama dengan pembebasan semua sandera," menurut teks yang dilihat Reuters.

Revisi ketiga dari teks pertama kali diusulkan oleh Amerika Serikat dua minggu lalu, sekarang mencerminkan pernyataan blak-blakan oleh Wakil Presiden Kamala Harris yang menyerukan kepada Israel untuk berbuat lebih banyak untuk meringankan bencana kemanusiaan di Gaza.

Pembebasan sandera yang sakit, terluka, lansia dan wanita akan menghasilkan gencatan senjata segera di Gaza setidaknya selama enam minggu, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dan Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani menekankan pada pertemuan pada hari Selasa, kata Gedung Putih.

"Fase pertama gencatan senjata ini juga akan memungkinkan lonjakan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang Gaza, dan menyediakan waktu dan ruang untuk mengamankan pengaturan yang lebih tahan lama dan ketenangan yang berkelanjutan," kata pernyataan Gedung Putih.

Sebelumnya di Beirut, pejabat Hamas Osama Hamdan mengulangi tuntutan utama kelompoknya: mengakhiri serangan militer Israel, penarikan pasukan Israel, dan kembalinya semua warga Gaza ke rumah-rumah yang terpaksa mereka hindari.

Dia mengatakan pertukaran tahanan tidak dapat terjadi kecuali setelah gencatan senjata. Israel pada bagiannya hanya menginginkan jeda dalam pertempuran untuk mendapatkan sandera dari Gaza dan lebih banyak bantuan, sedangkan untuk peperangan, Israel bersikeras bahwa itu tidak akan mengakhiri konflik sebelum Hamas dimusnahkan sepenuhnya.

Hamas mengatakan sikap Washington dirancang untuk mengalihkan kesalahan Israel jika pembicaraan gagal.

Pejabat senior Hamas Bassem Naim mengatakan Hamas telah mempresentasikan rancangan kesepakatannya sendiri, dan sedang menunggu tanggapan dari Israel, menambahkan: "(Perdana Menteri Benjamin) Netanyahu tidak ingin mencapai kesepakatan dan bola sekarang ada di pengadilan Amerika."

Sebuah sumber...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement