Selasa 05 Mar 2024 02:33 WIB

Baznas DKI Adakan Program Duta Imam Tarawih Selama Ramadhan  

Program Duta Imam Tarawih Baznas melibatkan 20 persen penyandang disabilitas.

Baznas-Bazis DKI Jakarta mengadakan Program Duta Imam Tarawih selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah dengan 20 persennya merupakan imam penyandang disabilitas. (ilustrasi)
Foto: baznas,
Baznas-Bazis DKI Jakarta mengadakan Program Duta Imam Tarawih selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah dengan 20 persennya merupakan imam penyandang disabilitas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)-Bazis DKI Jakarta mengadakan Program Duta Imam Tarawih selama bulan Ramadhan 1445 Hijriyah dengan 20 persennya merupakan imam penyandang disabilitas.

"Kami pada bulan Ramadhan ini merekrut kurang lebih 100 imam dengan bacaan yang tartil, untuk disebar ke masjid-masjid," kata Pengarah Panitia Ramadhan Baznas-Bazis DKI Jakarta Muhamad Nurminto di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Nurminto mengatakan program tersebut merupakan upaya Baznas-Bazis DKI Jakarta untuk memberdayakan para imam yang ada dan menyediakan kebutuhan masjid atau mushala pada saat bulan Ramadhan. Selain imam tarawih, kata Nurminto, pihaknya juga menyediakan 100 penceramah untuk mengisi kajian pada bulan Ramadhan, 20 persennya juga melibatkan penyandang disabilitas.

Ia menjelaskan bahwa Program Duta Imam Tarawih merupakan bentuk kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan tujuan utamanya, yaitu memberdayakan generasi penghafal Alquran. "Kami pastikan baik imam maupun penceramah akan kami libatkan penyandang disabilitas sebanyak 20 persen," tuturnya.

 

Selain itu, pada bulan Ramadhan 1445 Hijrah Baznas-Bazis DKI juga memiliki Program Bedah Rumah bagi keluarga penghafal Alquran, yang masing-masing mendapatkan bantuan Rp 55 juta per rumah.

"Kalau keluarganya ada yang hafal 10 juz atau 30 juz bisa mengajukan Program Bedah Rumah bagi tahfidz dan tentunya harus berkoordinasi dengan pihak kelurahan serta kecamatan agar tidak ada masalah terutama tanahnya," ujarnya.

Nurminto yang juga Kepala Bidang III Keuangan Baznas-Bazis Provinsi DKI Jakarta menambahkan bahwa pihaknya masih memiliki beberapa program unggulan lainnya selama bulan Ramadhan ini seperti hapus tato, mudik gratis bagi difabel dan lain sebagainya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement