Senin 04 Mar 2024 13:06 WIB

Ini 9 Program Spesial Ramadhan 2024 Baznas Bazis DKI Jakarta

Baznas menyediakan satu juta porsi makan setiap hari di semua warung mitra SBM.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Akhmad H Abubakar, Wakil Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Mohd Nasir, Wakil Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Rini Suprihartini, dan Koordinator Baznas (Bazis) Jakarta Selatan Ahmad Kahfi saat konferensi pers Ramadhan Memerdekakan di Difabis Coffee and Tea, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Senin (4/4/2024).
Foto: Republiika/Fuji E Permana
Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Akhmad H Abubakar, Wakil Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Mohd Nasir, Wakil Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta Rini Suprihartini, dan Koordinator Baznas (Bazis) Jakarta Selatan Ahmad Kahfi saat konferensi pers Ramadhan Memerdekakan di Difabis Coffee and Tea, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Senin (4/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan program spesial unggulan yang akan dijalankan sepanjang bulan puasa Ramadhan 2024. Program tersebut mulai dari pemulihan ekonomi, sosial, hingga pendidikan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para penerima manfaat (mustahik), kami telah menyiapkan beberapa program unggulan di Ramadhan tahun 2024 ini," kata Ketua Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta, Akhmad H Abubakar saat konferensi pers di Difabis Coffee and Tea, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Abubakar mengatakan, dengan mengusung tema "Ramadhan Memerdekakan" yang memiliki makna bahwa di bulan suci Ramadhan 2024 para mustahik harus merdeka, baik dari kemiskinan, kebodohan, kelaparan dan yang lainnya.

Program spesial unggulan Ramadhan di 2024 tersebut di antaranya, pertama, program Semua Bisa Makan (SBM). Program ini mengusung konsep Kafalah Dhuafa dengan menyediakan satu juta porsi makan setiap hari di semua warung mitra SBM.

 

Kedua, program Duta Imam Tarawih. Program ini kolaborasi Baznas (Bazis) DKI Jakarta dan Lembaga Bahasa dan Ilmu Alquran (LBIQ) DKI Jakarta yang bertujuan memberdayakan generasi milenial hafidz Alquran menjadi imam tarawih di masjid-masjid DKI Jakarta.

Ketiga, program Hapus Tato. Program ini diadakan setiap Ramadhan secara gratis bagi orang-orang yang ingin hijrah. Keempat, program Cahaya Ramadhan di Panti. Program ini bentuk kepedulian Baznas Bazis DKI jakarta terhadap warga binaan panti dan lapas untuk berbagi ilmu dan meningkatkan keimanan mereka. 

Kelima, program Bedah Rumah Tahfidz Quran. Program ini untuk keluarga penghafal Alquran dan guru ngaji, sebagai bentuk kepedulian terhadap para penghafal Alquran.

Keenam, program penunaian zakat, infak, dan sedekah (ZIS) Ramadhan. Untuk memfasilitasi aparatur sipil negara (ASN), pengusaha dan stakeholder di lingkungan pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketujuh, program Mudik Bareng Disabilitas. Program mudik ini khusus bagi para penyandang disabilitas. Rute mudik bareng ini dari Jakarta (Monas) menuju Solo, pulang dan pergi melalui jalur utara dan selatan.

Kedelapan, Layanan Posko Mudik Gratis Baznas Bazis DKI Jakarta. Program ini menyasar para pemudik dan petugas di terminal. Layanan yang diberikan adalah kesehatan, pijat dan dapur air.

Kesembilan, program Santunan Yatim dan Dhuafa, Guru Ngaji, Guru TPQ, marbot serta dai. Program ini dilaksanakan agar para penerima manfaat merasakan berkah Ramadhan. Akan ada juga program Podcast Spesial Ramadhan.

"Program- program tersebut nantinya akan menyasar kepada penerima manfaat (mustahik) di sekitaran wilayah DKI Jakarta. Dengan adanya program-program ini, Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta tidak hanya fokus pada penghimpunan tetapi juga menciptakan pendistribusian zakat yang berkualitas," ujar Abu Bakar.

Pada Ramadhan 2024, Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta menargetkan Pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp 112,5 miliar. Target pengumpulan tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Abu Bakar berharap, dengan ditingkatkannya target pengumpul, maka akan banyak mustahik yang bisa Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta bantu. Sehingga bisa memberikan bantuan yang optimal dengan dana zakat yang dikumpulkan.

Pada 26 Maret 2024, Baznas (Bazis) DKI Jakarta akan mulai melaksanakan penunaian zakat, infak dan sedekah  Ramadhan 2024, sekaligus live fundraising. Di tempat yang sama, Wakil Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta, Mohd Nasir Tajang menyampaikan terima kasih kepada para muzaki yang telah menunaikan zakat, infak dan sedekah melalui Baznas (Bazis) DKI Jakarta. Juga berterimakasih kepada para mitra yang telah menyalurkan CSR-nya. Terima kasih juga kepada pemerintah DKI Jakarta dari mulai RT, RW sampai provinsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement