Selasa 27 Feb 2024 00:05 WIB

Mengenal Sosok Mualaf Pertama di Masa Nabi Muhammad SAW

Ada yang meriwayatkan Ali bin Abu Thalib orang yang pertama sholat bersama Nabi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Suatu malam, Allah SWT membukakan pintu hati Ali bin Abu Thalib untuk masuk Islam. Dia segera menemui Nabi Muhammad SAW dan berkata, "Bagaimanakah ajakan yang engkau tawarkan itu, Muhammad?”

Nabi Muhammad SAW menjawab, "Hendaklah engkau bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya dan hendaklah engkau kafir terhadap patung Latta dan Uzza.”

Ali bin Abu Thalib pun menerima Islam, tetapi masih merahasiakan kepada ayahnya. Dalam riwayat yang disampaikan Ibnu Ishaq ini, istri Nabi Muhammad SAW yakni Khadijah sudah melaksanakan sholat bersama Nabi Muhammad SAW sebelum Ali bin Abu Thalib memeluk Islam. Namun, ada juga yang meriwayatkan bahwa Ali bin Abu Thalib adalah orang yang pertama sholat bersama Nabi Muhammad SAW.

Abu Bakar Ash Shiddiq Radhiyallahu anhu juga termasuk golongan orang yang pertama memeluk Islam, beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya yakni Nabi Muhammad SAW.

Abu Bakar Ash Shiddiq adalah orang yang selalu membenarkan Nabi Muhammad SAW pada masa jahiliyah. Suatu hari, Abu Bakar keluar hendak menemui Nabi Muhammad SAW. Setelah menemuinya Abu Bakar berkata, "Wahai Abu Qasim (Nabi Muhammad SAW), apakah benar yang dituduhkan oleh kaummu bahwa engkau telah menghina Tuhan nenek moyang mereka?”

Nabi Muhammad SAW menjawab...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement