Selasa 20 Feb 2024 22:12 WIB

Pelindo Bersama Rumah Zakat Gelar Program Desa Ramah Lansia Jakarta Utara

Desa Ramah Lansia digelar bersama Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

PT Pelindo, Rumah Zakat, dan Puskesmas Kecamatan Cilincing menggelar Program Desa Ramah Lansia.
Foto: Dok. Rumah Zakat
PT Pelindo, Rumah Zakat, dan Puskesmas Kecamatan Cilincing menggelar Program Desa Ramah Lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka kolaborasi yang erat, PT Pelindo, Rumah Zakat, dan Puskesmas Kecamatan Cilincing menggelar Program Desa Ramah Lansia yang berkolaborasi dengan Posyandu Lansia di RW 09, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan ini merupakan upaya yang diadakan untuk memantau Kesehatan lansia agar terdeteksi secara dini.

"Jika terjadi masalah terkait Kesehatan supaya dapat ditindak lanjuti oleh tenaga Kesehatan yang menghadiri posyandu lansia, ujar Fasilitator Program Eka Nurjanah, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, sebanyak 44 lansia yang mengadiri posyandu lansia diberikan penjelasan program desa ramah lansia. Nantinya, kegiatan akan berkolaborasi dengan posyandu lansia yang akan dilaksanakan hingga akhir 2024.

Kegiatandilanjutkan dengan senam dan kelas edukasi lansia. Ada pula konsultasi hasil pemeriksaan dan keluhan yang dialami lansia. Apabila keluhan kesehatan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, maka diberikan pemberian obat akan dibuatkan rujukan untuk datang ke Puskesmas Kecamatan Cilincing. Kegiatan diakhiri dengan membagikan pemberian makanan tambahan (PMT) lansia.

"Adanya pemberian makanan tambahan ini guna untuk meningkatkan asupan gizi pada lansia serta sebagai sarana edukasi bagi keluarga lansia jenis makanan yang bisa dan aman untuk dikonsumsi lansia," kata Eka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement