Senin 05 Feb 2024 13:27 WIB

Mengapa Kita Dianjurkan Berdzikir di Mana Saja Kita Berada? Ini Kata Imam Al Ghazali

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi dzikir nasional. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Republika TV
Ilustrasi dzikir nasional. Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali yang lebih dikenal sebagai Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menganjurkan agar berdzikir dalam kesibukan bekerja mencari rezeki. 

Dalam kitab Ihya Ulumuddin, diingatkan agar kita membiasakan diri selalu berdziki Allah SWT dalam keadaan apapun dan di mana pun misalnya di pasar, toko, saat aktivitas berjual beli dan saat melakukan aktivitas positif lainny

Baca Juga

Berdziir kepada Allah SWT di pasar, tempat di mana kebanyakan orang justru lupa adalah lebih afdhal atau lebih utama bagi yang melakukannya. Nabi Muhammad SAW bersabda:

ذاكر الله في الغافلين كالمقاتل خلف الفارين وكالحي بين الأموات وفي لفظ آخر كالشجرة الخضراء بين الهشيم

 

"Seseorang yang berdzikir kepada Allah SWT di tengah-tengah orang banyak yang melupakan-Nya, bagaikan seorang ksatria yang gagah berani di tengah-tengah para musuhnya yang melarikan diri karena takut di medan pertempuran, atau seperti orang yang hidup di antara orang-orang yang telah mati."

Seseorang yang berdzikir kepada Allah SWT di tengah-tengah orang banyak yang melupakan-Nya, dalam riwayat yang lain disebutkan dengan redaksi seperti ini, "Seperti sebatang pohon hijau yang tumbuh lebat di antara pohon-pohon kering yang gersang tanpa dedaunan."

Jika Sayyidina Umar bin Khattab radhiyallahu anhu berada di pasar, beliau membaca doa yang artinya, 

اللهم إني أعوذ بك من الكفر والفسوق ومن شر ما أحاطت به السوق اللهم إني أعوذ بك من يمين فاجرة وصفقة خاسرة

"Ya Allah Rabb-ku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran, kefasikan, dan dari segala bentuk kejahatan di pasar. Ya Allah Rabb-ku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari bersumpah palsu, menganiaya dan dianiaya orang lain."

Berdzikir (ingat) kepada Allah SWT di dalam masjid, di rumah, di pasar dan di mana pun berada hukumnya adalah wajib. Rasulullah SAW bersabda: 

اتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كنت "Bertakwalah kepada Allah dimanapun kalian berada." (HR Imam At Tirmidzi)

Demikianlah, bagi seorang yang bertakwa, baik itu di pasar, masjid, rumah dan tempat-tempat lainnya adalah sama, yaitu selalu berzikir kepada Allah SWT. 

Bagi orang-orang yang bertakwa, kehidupan dan kematian mereka hanya dipersembahkan untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT semata. Mereka lebih banyak mencari keuntungan akhirat yang kekal daripada kebahagiaan dunia yang bernilai sementara atau tidak kelak.

Keutamaan dzikir...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement