Sabtu 03 Feb 2024 16:15 WIB

Majelis Hukama Muslimin Peringati Hari Persaudaraan Manusia Bersama Penyandang Disabilitas

Majelis Hukama Ingatkan pentingnya bahasa kemanusiaan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Majelis Hukama Muslimin (MHM) kantor cabang Indonesia menggelar peringatan Hari Persaudaraan Manusia Sedunia bersama Kawan Disablitas di Jakarta, Sabtu (3/1/2024).
Foto:

Inisiatif MHM cabang Indonesia ini pun mendapat apresiasi dari Komite Nasional Disabilitas (KND). Salah satu Komisioner KND, Fatimah Hasri bersyukur MHM menyentuh dan merangkul kawan disabilitas di acara Hari Persaudaraan Manusia Sedunia. 

"Bagi kami, penyandang disabilitas, apa yang dilakukan MHM adalah hal besar. Bagi penyandang disabilitas, sedikit kepedulian adalah harapan besar," ujar Fatimah.

"KND menyampaikan apresiasi atas upaya masyarakat sipil, khususnya MHM, yang memberikan perhatian pada sahabat penyandang disabilitas," ucap dia.

Menurut Fatimah, disabilitas itu bukan lemah dan sakit, sehingga harus dikasihani melainkan menurut dia, disabilitas adalah manusia yang dititipi Tuhan dengan hambatan, baik hambatan individual maupun sosial.

"Inisiatif yang dilakukan MHM adalah sebuah perubahan besar. Karena ada pengakuan bahwa penyandang disabilitas adalah manusia yang punya hak sama dengan manusia lain," kata Fatimah.

Kalau paradigma manusia tentang disabilitas sudah berubah, lanjut Fatimah, maka pelaksanaan penghormatan lebih mudah. Selanjutnya, upaya pelindungan juga akan dilakukan tanpa harus disuruh. "Pemenuhan layanan juga mudah dilakukan," jelas dia. 

Direktur MHM cabang Indonesia Muchlis M Hanafi menambahkan, pihaknya sengaja mengundang kawan penyandang disabilitas untuk berkumpul dan berdialog karena semuanya adalah saudara. 

"Hari ini, kita mengundang teman penyandang disabilitas, para praktisi, pemerhati yang peduli penyandang disabilitas, berkumpul di sini merayakan peesaudaraan. Semua agama mengajarkan semangat persaudaraan. Karena kita berasal dari satu keturunan, Adam dan Hawa," ujar Muchlis.

"Semua umat manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan sifat mulia. Allah memuliakan anak keturunan Adam, tanpa terkecuali," ucap dia.

Muchlis menjelaskan, setiap manusia diciptakan dengan sebaik-baik bentuk. Padanya, ditiupkan secercah ruh dari Allah SWT sehingga malaikat diminta sujud kepadanya.

"Maka tanpa melihat perbedaan agama dan padangan keagamaan, latar belakang masing-masing hari ini kita berkumpul merayakan persaudaraan," kata dia.

Persaudaraan, kata Muchlis, adalah nikmat luar biasa. Betapa banyak negara yang tidak bisa membangun semangat persaudaraan menjadi porak poranda. Indonesia, dengan keragamana budaya, agama, suku bangsa, tetap bisa menikmati indahnya persaudaraan.

Baca juga: Mengapa Kita Dianjurkan Perbanyak Shalawat? Ini Penjelasan Imam Al Ghazali

"Melalui peringatan ini, kita mengajak seluruh kalangan untuk menyampaikan harapan kepada dunia, terutama saudara kita di Palestina yang sedang tertindas. Mari kita suarakan harapan tersebut kepada dunia dan masyarakat internasional agar kehidupan ke depan lebih damai dan harmonis," jelas dia.

MHM adalah sebuah badan independen lintas negara yang dibentuk pada 21 Ramadan 1435 H atau 19 Juli 2014 M.  MHM berkedudukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Sejak 1 September 2021, MHM cabang Indonesia beroperasi secara virtual. Kantor Cabang Indonesia diresmikan pada Oktober 2023 di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement