Sabtu 03 Feb 2024 07:04 WIB

7 Cara Memperlancar Rezeki Secara Terus Menerus, Semua Langkah Simpel Sekali

Islam memberikan panduan untuk mencari rezeki

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi mencari rezeki.  Islam memberikan panduan untuk mencari rezeki
Foto:

5. Membaca Surat Al Waqiah

Membaca surat Al Waqiah setiap malam juga menjadi salah satu amalan yang bisa mendatangkan rezeki. Surah lain dalam Alquran yang juga disebutkan dalam hadits untuk mendatangkan rezeki secara berkelanjutan adalah Surat Maryam, Surat As-Saffat, dan Surat Asy-Syams. Dianjurkan juga untuk membaca Surat al-Qadr seribu kali dalam sehari.

6. Silaturahim 

Silaturahim atau berhubungan baik dengan sanak saudara juga menjadi salah satu cara mendatang rezeki. Hal ini telah disebutkan dalam hadis untuk menambah rezeki dan memperpanjang umur. Diriwayatkan Bukhari, Muslim dan lainnya bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), hendaklah ia bersilaturahim.”

7. Berwudhu

Membersihkan dan mensucikan diri dengan berwudhu juga disebut sebagai salah satu cara mendatangkan rezeki. 

Nabi Muhammad SAW dan keturunannya pernah ditanya apa yang harus dilakukan untuk memperluas rezeki. Beliau menjawab, tetaplah suci (yakni berwudhu).

Narasi yang menonjolkan perlunya berwudhu saat makan, misalnya Ja'far ash-Shadiq juga menganjurkan memakai pakaian yang bersih, wangi, membersihkan rumah secara rutin dan memastikan, misalnya bagian depan rumah juga tetap bersih. Demikian pula riwayat yang menganjurkan untuk memotong kuku pada hari Jumat dan juga mencukur kumis pada hari itu bagi laki-laki. 

 

photo
Infografis Alquran dan Hadits Ungkap 5 Kunci Rezeki Melimpah - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement